Itwasda Polda Kalsel Minta Kinerja Siwas Polres/Polresta Ditingkatkan

siwas

Tribratanews.polri.go.id- Siwas sebagai salah satu unsur pengawas dan pembantu pimpinan yang berada dibawah kendali Kapolda. Siwas bertugas menyelenggarakan monitoring dan pengawasan umum baik secara rutin maupun insidentil terhadap pelaksanaan kebijakan pimpinan oleh semua unit kerja khususnya dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan pencapaian rencana kerja, termauk bidang material, fasilitas dan jasa serta memberikan saran tindak terhadap penyimpangan yang ditemukan;
Siwas dipimpin oleh Kasiwas yang bertanggung jawab kepada pimpinan dan dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari dibawah kendali wakil pimpinan. Siwas dalam melakasanakan tugasnya dibantu oleh : Kepala sub seksi Bidang Operasional disingkat (Kasub sibidops) dan Kepala sub seksi Bidang Pembinaan disingkat (Kasub sibin).
Guna mengevaluasi tugas yang selama ini menjadi tanggungjawab siwas, Itwasda Polda Kalsel melaksanakan kegiatan pembekalan para kasiwas se jajaran. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Rupatama Polda Kalsel ini dibuka secara resmi oleh Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Djoko Poerbohadijojo M.Si, pembekalan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pemberdayaan Siwas Polres Jajaran Polda Kalsel.
Dalam melaksanakan tugas, peran dan fungsi selaku aparat pengawasan di wilayah masing-masing, sehingga perlu diberikan pembekalan/sosialisasi berupa penyelenggaraan pengawasan di lingkungan Polri pada aspek manajerial dan bidang operasional, SDM, Sarpras dan Garku. dalam sambutannya, Irwasda Polda Kalsel menekan tentang tugas Pokok, Fungsi dan Peranan Siwas Polres sebagaimana tercantum dalam peraturan Kapolri No. 23 Tahun 2010 Tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja pada Tingkat Polres dan Polsek yaitu :
1. Melaksanakan monitoring dan pengawasan secara umum terhadap unit-unit kerja di Polres baik secara rutin maupun insendentil.
2. Pengawasan dan monitoring perencanaan dan pencapaian kinerja.
3. Pengawasan dan monitoring sumber daya yang meliputi bidang personel, materil, fasilitas dan jasa.
4. Pemberian Saran dan pertimbangan kepada Pimpinan atas penyimpangan penyelenggaraan dan pelanggaran yang ditemukan.
5. Harus dapat berperan sebagai konsultan dan penjamin mutu (consultan and quality assurance).
6. Harus selalu berkonsultasi dengan Pimpinan (Ka/Waka Polres).
7. Harus dapat bekerjasama dengan fungsi lain maupun lembaga-lembaga Pemerintah/Swasta lainnya dengan baik dalam rangka pelaksanaan tugas.
8. Harus selalu meningkatkan kemampuannya agar dapat menjadi konsultan yang baik dan penjamin mutu yang berkualitas.
Acara pembekalan diisi dengan kegiatan Paparan oleh masing-masing Kasiwas Polres/ta dan penyampaian materi pembekalan oleh Staf Itwasda Polda Kalsel.

penulis  : anang

editor    : iqbal96

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password