Buntut Pilkada di Morotai Malut, Anarkhis, 29 Orang Di Tangkap Polisi

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Bertepatan dengan pleno perolehan suara hasil pemilihan Pilkada di tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang bertempat di gedung MTQ Desa Darame Kec. Morotai Selatan. Rabu, 22/02/2017 Pukul 10.15 Wit

Massa simpatis Paslon Bupati dan Wakil Bupati M. Ali Sangaji – Yulce Makasarat (Ali-Yuk) pecah bentrok dengan aparat keamanan

Bentrok tersebut berawal ketika massa aksi Paslon Ali-Yuk yang menggunakan satu Unit Mobil Pick Up dengan nomor Polisi DG 8478 K yang di lengkapi dengan Sound Sistem merangsek masuk ke lokasi pleno kemudian dibubarkan oleh petugas keamaan.

Tidak puas dengan keputusan yang di ambil petugas keamanan untuk membubarkan massa aksi Ali-Yuk , massa aksi kembali ke posko yang terletak di bilangan Tugu Bintang Desa Darame dan melakukan orasi serta aksi membakar ban guna menutupi jalan.

Pada pukul 12.30 Wit gabungan personil Polres Morotai, Polres Halmahera Utara, Polres Ternate, dan Satuan Brimob Polda Maluku Utara di arahkan ke Tugu Bintang.  Hal ini untuk antisipasi gangguan pasca demo,  namun kedatangan gabungan personil aparat Kepolisian ini langsung  disikapi kemarahan massa aksi dengan cara melempar Batu ke arah aparat keamanan.

Aksi yang tidak bisa dikendalikan itu berlangsung anarkis oleh massa aksi Paslon nomor urut dua Ali-Yuk, sehingga Kapolres Pulau Morotai Akbp Matheis Beay menghimbau sekaligus menegur agar massa aksi tidak melanjutkan aksi dengan cara anarkis dan kembali ke rumah untuk mengerjakan pekerjaan sebagaimana mestinya.

Namun himbauan  dan teguran yang di lakukan Kapolres Pulau Morotai bukan di dengar malah di balas dengan pelemparan sehingga Kapolres Pulau Morotai Akbp Matheis Beay mengambil tidakan keras dengan cara membubarkan paksa massa aksi Ali-Yuk karena massa aksi dianggap terlalu anarkis sehingga tak terkendali

Dalam pembubaran massa aksi simpatis Paslon Ali-Yuk terdapat 29 orang massa aksi yang diamankan yang diduga Provokasi massa dan di periksa, jika di antara 29 orang massa aksi tersebut tidak ada Profokator aksi maka akan di kembalikan ke rumah masing-masing.

Penulis  : Humas Polda Maluku Utara

Editor    : Kang ikbal96

Publish  : Mandala Putra

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password