Kapolda Kalbar Meninjau Pembangunan Ruang Pontianak Command Center

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar – Kapolda Kalimantan Barat, Irjen (Pol) Drs. Musyafak, SH, MM meninjau pembangunan Pontianak Command Center (PCC) di Mapolresta Pontianak Kota, yang akan difungsikan sebagai upaya untuk memaksimalkan deteksi kejahatan sehingga sistem pengamanan menggunakan Teknologi.

“Mengoptimalkan pengintegrasian teknologi informasi (IT) ini, kita akan semakin efektif menggerakkan personel Kepolisian dilapangan dan memudahkan mendeteksi semua kejahatan yang terjadi di Kota Pontianak, dan hal tersebut sudah dirasakan manfaatnya di dua Polres yang telah menggelar di Singkawang dan di Sintang.

Rencananya Pontianak Command Center (PCC) di Mapolresta Pontianak ini akan diresmikan oleh Kapolri, pada awal bulan Maret” ujar Kapolda Kalbar, Rabu (22/2).

Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs. Musyafak, SH, MH bersama Kapolresta Pontianak Kota KBP Iwan Imam Susilo, SIK, Kapolres Singkawang dan Kapolres Sintang
Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs. Musyafak, SH, MH bersama Kapolresta Pontianak Kota KBP Iwan Imam Susilo, SIK, Kapolres Singkawang dan Kapolres Sintang

Sementara itu kabidhumas humas Polda Kalbar AKBP Sugeng menyampaikan bahwa Kapolda membangun Pontianak Command Center agar situasi keamanan di Kota Pontianak dapat dikendalikan dan dipantau secara digital terpusat di Mapolresta Pontianak Kota, yang artinya situasi kamtibmas dapat diakses secara actual oleh petugas melalui aplikasi public yang terintegrasi di Handphone para petugas dan masyarakat.

Pontianak Command Center tersebut, akan mengakses seluruh Ponsel anggota polresta Pontianak yang sudah terintegrasi ke dalam sistem PCC dan mengakses CCTV yang tergelar di tempat Obyek Vital, pusat pembelanjaan, perhotelan dan di berbagai titik pemukiman warga serta titik rawan di Kota Pontianak .

Selain itu “Pontianak Command Center” teraplikasi dengan base Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat (SIAP) adalah sistem yang di desain untuk mengelola kondisi situasi yang memerlukan kewaspadaan, menunjang kenyamanan, keamanan dan kesiapsiagaan pelayanan terhadap masyarakat dengan mengintegrasikan seluruh fasilitas, perangkat dan infrastruktur yang akan tergelar nantinya.

Sistem komunikasi, teknologi informasi dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) serta kebijakan Kapolda ini untuk memberikan rasa aman dan kesejahteraan masyarakat, dengan tujuan tersedianya fasilitas Situation Awareness Room berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi secara terpusat di Pontianak Command Center sebagai pusat kendali aktivitas proaktif Polresta Pontianak dalam kecepatan merespon melayani warga Kota Pontianak.

Selain itu dengan tersedia dan tergelarnya sistem perangkat lunak dan perangkat keras ini diharapkan dapat berfungsi untuk memudahkan petugas dilapangan dalam proses kolaborasi, koordinasi, konsolidasi dan monitoring serta kontribusi keperdulian masyarakat terhadap keamanan dilingkungannya, dimana masyarakat nantinya dapat memberikan informasi Kamtibmas melalui aplikasi di Handphone kepada petugas untuk kami tindaklanjuti.

Dan yang terakhir, meningkatnya sumber daya masyarakat dan aparat itu sendiri untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi ini sebagai alat pendukung dalam merespon kecepatan pelayanan Kepolisian kepada masyarakat,” tuturnya.

Penulis : Cucu Safiyudin
Editor : Kang Iqbal96

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password