Banyak yang Harus Disampaikan Terkait Masa Depan Anak-Anak Kita

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Founding Father Ir. Soekarno pernah mengatakan, beri aku sepuluh pemuda maka akan aku guncangkan dunia. Kata-kata Bung Karno tersebut membuktikan bahwa nasib dan masa depan bangsa ini banyak bergantung dari kualitas pemudanya. Demikian pula dengan jajaran Polres Trenggalek menilai bahwa kualitas dan karakter haruslah dibangun sejak dini, sebagai bekal kelak ketika anak-anak kita mulai dewasa dan menjadi pemimpin negeri ini.

Soal membangun karakter kebangsaan, peran Bhabinkamtibmas Polres Trenggalek tidak bisa diremehkan. Dalam berbagai kesempatan baik sambang desa maupun program Police goes to school, para Polisi desa ini berupaya membantu para guru dengan hadir ditengah siswa dari tingkat SD hingga SMA. Banyak hal yang disampaikan.

Wujud kepedulian para Bhabinkamtibmas di jajaran Polres Trenggalek terhadap masa depan para pelajar

f540e8e0-64ca-4117-a822-2114e6e95de5Salah satu contoh seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Ngulungkulon yang juga anggota Polsek Munjungan Polres Trenggalek, Aiptu Sudarwani, memberi bimbingan dan penyuluhan kepada murid – murid SDN 1 Ngulungkulon. Ia memanfaatkan jam istirahat selama 15 menit untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas, tentu menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak.

“Berkisar tentang kedisiplinan baik di rumah, di jalan maupun di sekolah”, ujar Aiptu Sudarwani.

Di tempat yang berbeda, Kanitbinmas Polsek Pogalan Polres Trenggalek, Aiptu Sudarso melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada pelajar di SDN 3 Bendorejo melalui kegiatan latihan baris berbaris. Disela-sela waktu melatih itu Aiptu Sudarso menyampaikan tentang bahaya makanan kadaluarsa bagi kesehatan.

“Anak-anak sering jajan di luar tanpa tahu bahayanya. Tadi saya jelaskan agar hati-hati dan melihat tanggal kadaluarsanya. Kalau perlu laporkan kepada orang tua dan guru”, jelas salah satu anggota Polsek Pogalan Polres Trenggalek yang dikenal dekat dengan para pelajar ini.

Sementara itu, suasana di SDN 3 Ngadirenggo Pogalan juga tak kalah seru saat Bhabinkamtibmas Polsek Pogalan Polres Trenggalek, Bripka Rubianto menyampaikan Binluh dengan gaya bercerita. Riuh rendah suara anak-anak tertawa sangat ramai terdengar di lapangan sekolah.

“Dengan bercerita anak-anak lebih mudah memahami. Tak sekedar bicara harus begini harus begitu, tapi diberikan pemahaman dan contoh bagaimana seharusnya mereka bersikap”, tutur Bripka Rubianto.

Kehadiran anggota Polri ditengah para siswa tentu memiliki arti tersendiri. Polri tidak lagi dianggap sebagai sosok yang menakutkan tetapi ramah dan humanis. Dan yang terpenting adalah pesan yang disampaikan dapat membangun karakter dan kepribadian yang lebih baik.

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password