Teknik Penanganan dan Penyelamatan Korban Banjir

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Tingginya curah hujan serta rentan terjadi banjir di Kabupaten Trenggalek mengharuskan aparat menyiapkan diri sebaik mungkin menghadapi bencana alam tersebut. Guna meningkatkan kemampuan dan kesiapan, Polres Trenggalek bekerjasama dengan Kodim 0806 Trenggalek dan Basarnas melaksanakan latihan bersama (Latber) pertolongan water resque.

Tak kurang dari belasan anggota Polres Trenggalek terlibat dalam Latber tersebut. Didapuk sebagai instruktur adalah dari Basarnas dan anggota TNI yang memang memiliki kualifikasi SAR. Materi yang diberikan pun tak jauh dari teknik menolong korban banjir maupun tenggelam.

“Meskipun basic-nya sama, teknik renang pertolongan berbeda dengan renang biasa. Ketenangan dari penolong dan yang ditolong sangat mempengaruhi”, jelas  salah satu instruktur.

Selain itu, diajarkan pula cara membawa perahu karet ditengah banjir. Terlihat sepele, tetapi kalau salah teknik bisa jadi perahu justru tidak bergerak atau salah arah.

Peserta Latber yang mengambil tempat di kolam renang Jwalita area Stadion Menak Sopal tersebut cukup antusias mengikuti setiap arahan dan petunjuk dari para instruktur.

Kasatsabhara Polres Trenggalek, AKP Rudi Purwanto, SH selaku komandan Satgas Bencana menerangkan, selain menyampaikan materi teknik pertolongan, Latber ini dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi serta menyamakan persepsi dan cara bertindak penanganan bencana alam.

“Jadi, saat terjadi bencana alam, masing-masing sudah tahu harus berbuat apa dan bertanggung jawab siapa”, orang nomor delapan di Polres Trenggalek ini.

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password