Polda Sulsel Komitmen Transparan dalam Penerimaan Anggota Polri Baru Tahun Anggaran 2017

Tribratanews.polri.go.id – Makassar Sulsel, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan membuka penerimaan anggota polisi baru untuk tahun ajaran 2017. Proses seleksi diperketat agar bisa menyaring calon anggota yang berkualitas.

“Itu instruksi dari Bapak Presiden. Menurut beliau, sumber utama reformasi adalah pembenahan SDM,” kata Irwasda Polda Sulsel, Kombes Pol Lukas Arry Dwiki Utomo saat usai video conference bersama Asisten SDM Kapolri di ruang Vicon, Selasa (21/2/17).

Agar seleksi bersih dan transparan, Asisten SDM Polri, Irjen Arief Sulistyono melalui Vicon Polda se-Indonesia memerintahkan petugas seleksi untuk disumpah.

“Sumpah ini bukan kepada Kapolri, tetapi kepada Allah,” kata Irjen Pol Arief Sulistyono saat memimpin prosesi pengambilan sumpah.

Karo SDM Polda Sulsel Kombes Pol. Robert Haryanto Watranan SH, S.Sos. MH. berharap proses penerimaan anggota Polri tahun 2017 berlangsung bersih, transparan, akuntabel dan humanis.

Tak ketinggalan para pengawas eksternal yang terdiri dari LSM, PWI, HIMPSI, IDI, Auditor IT, Disdik Provinsi Sulsel dan Disdukcapil Provinsi Sulsel turut dihadirkan pada pengambilan sumpah tersebut.

“Saya berjanji bahwa saya akan menjalankan tugas seleksi penerimaan anggota polisi dengan penuh tanggungjawab, jujur, objektif dalam setiap proses penerimaan,” ucap seluruh panitia penerimaan Polri Polda Sulsel tahun 2017 secara serentak melalui Vicon.

Pengambilan sumpah ini dimaksudkan untuk menjamin transparansi dalam proses penerimaan Polri yang akan dilaksanakan oleh Polda Sulsel dalam  waktu dekat ini. Bila calon diketahui berbuat kecurangan, maka akan dicatat dan dipidanakan. Dan untuk anggota Polri, akan diberikan sanksi disiplin.

Selalin pengambilan sumpah dan janji bagi panitia penerimaan anggota polisi baru pada Polda Sulsel, juga dilakukan penandatanganan pakta integritas terkait penerimaan anggota Polri yang transparansi pada tahun 2017, di ruang video confrence Mapolda Sulsel. Melalui vicon tersebut, Asisten Sumber Daya Manusia (SDM) Mabes Polri, Irjen Pol Arif S Sulistianto, memimpin penandatangan pakta integritas ini yang juga diselenggarakan secara serentak di seluruh Polda se-Indonesia.

Irwasda Polda Sulsel, Kombes Pol Lukas Arry Dwiko Utomo mengemukakan bahwa penandatangan pakta integritas ini sebagai wujud komitmen Polri dalam menjamin perekrutan anggota yang transparan.

“Dari awal kami akan merekrut anggota Polri dengan komitmen yang kuat yang dikaitkan dengan kebijakan Kapolri yaitu profesional, modern dan terpercaya,” ujar perwira menengah itu.

Namun untuk menjamin tes anggota Polri pada tahun 2017 yang transparan, pihaknya akan melibatkan panitia eksternal seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

“Kami akan transparan, pihak luar pun kami libatkan. Dan kalau ada informasi dari manapun itu, ketika ada yang dianggap menyimpang, silahkan laporkan kepada kami panitia di internal penerimaan Polri ini,” ujar Irwasda Polda Sulsel memberi jaminan bahwa pihaknya akan benar-benar menjalankan proses seleksi penerimaan anggota Polri baru tahun 2017 sesuai ketentuannya.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar DR. Dr. Siswanto Wahab yang juga dilibatkan dalam panitia rekruitment Polri tahun 2017 terlihat turut hadir pada pengambilan sumpah panitia penerimaan Polri Polda Sulsel yang dilaksanakan serentak se-Indonesia via video conference, Selasa (21/02/17) kemarin.

Diharapkan dengan kehadiran DR. Dr. Siswanto dapat bersinergi dengan Kepolisian Daerah Sulsel untuk menciptakan generasi Kepolisian yang bersih, transparan, akuntabel dan humanis.

“Tentunya Kami  atas nama panitia akan mengupayakan semaksimal mungkin untuk menciptakan rekruitmen anggota Polri yang handal dan siap mengabdi bagi tanah air,” ujar DR.dr Siswanto.

Sementara itu Kabid Dokkes Polda Sulsel, Kombes Pol Dr. Raden Harjuno Sp.KJ menyampaikan, sinergitas ini dilakukan guna menciptakan penerimaan Polri yang transparan dalam hal pemeriksaan kesehatan calon anggota Polri.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password