Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) Menjadi Barometer Budaya Tertib Masyarakat di Biak Papua

Tribratanews.polri.go.id Papua, Polres Biak Numfor – Dua Jalur jalan utama yaitu jalan Ahmad Yani dan jalan Imam Bonjol di Biak Papua telah ditetapkan oleh pemerintah daerah menjadi Kawasan Tertib Lalulintas sejak tahun 1998 dengan diterbitkannya Surat Keputusan Bupati nomor 23 tahun 1998. (22/2/2017)

Setiap daerah, khususnya di tingkat Kabupaten dan Kota, sudah selayaknya memiliki Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL), hal ini diperlukan untuk mengimbangi peningkatan jumlah pengguna jalan terutama pengguna kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat, KTL diharapkan mampu menjadi motivator bagi terciptanya kawasan tertib berlalu lintas.

Menurut Kapolres Biak Numfor AKBP H. Hadi Wahyudi. SIK yang didampingi Kasat Lantas AKP Donny Cancero. SIK bahwa dua ruas jalan yang dijadikan sebagai Kawasan Tertib Lalulintas dinilai mencukupi untuk menjadi percontohan (pilot project) bagi kawasan lainnya.
“KAWASAN tertib lalu lintas itu merupakan suatu kawasan yang dibangun, dibina dan dibentuk serta diawasi untuk menjadi suatu kawasan yang mencerminkan dan mengimplementasikan bagaimana lalu lintas yang baik dan benar. kawasan ini sudah dilengkapi dengan rambu-rambu lalulintas dan fasilitas yang layak untuk pengguna jalan, baik pengendara Roda 2, Roda 4, pejalan kaki, kendaraan prioritas dan pemberhentian atau tempat parkir, harapan saya masyarakat Biak dapat tumbuh kedisiplinannya dalam berkendara dan membudayakan lalu lintas sebagai kebutuhan. “ungkap Kapolres

Kedua ruas jalan yang dijadikan KTL tersebut telah menjadi wilayah prioritas pengawasan khusus bagi Satuan Lalulintas Polres Biak Numfor.

Penulis : Ruslan
Editor : Kang Iqbal96
Publish : Ruslan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password