Pemalsu SIM BII di Tabalong Kalsel Diserahkan ke Kejaksaan

tribratanews.polri.go.id, Polres Tabalong- Penyidik Unit I Reskrim Umum Polres Tabalong siang ini Selasa (21/2) resmi menyerahkan berkas perkara dan tersangka kasus Tindak Pidana Pemalsuan Surat Menyurat berupa SIM BII Umum ke Kejaksaan Negeri Tanjung Tabalong.

Kedua pelaku RIF (26) dan JYN (41) serta Barang Bukti berupa perangkat Komputer serta Printer untuk mencetak SIM palsu diserahkan ke Kejaksaan setelah melewati Proses pemeriksaan yang cukup panjang.

Berawal dari Penangkapan Pelaku dalam kegiatan Razia rutin yang dilakukan oleh Sauan lalu Lintas Polres Hulu Sungai Selatan. Selanjunya melintas satu unit truk yang dikemudikan saudara Ahmad Sandi, lalu dihentikan oleh petugas dan dilakukan pemeriksaan berupa kelengkapan surat kendaraan maupun SIM Pengemudi. Kamis (22/12/2016) jam 10.00 wita.

Petugas curiga melihat SIM BII Umum milik Sdr. Ahmad Sandi diduga palsu, saat ditanya petugas, Ahmad Sandi mendapatkan SIM BII Umum dari pelaku RIF dan JYN. sehingga petugas langsung berkoordinasi dengan Unit Opsnal Reskrim dan Sat Lantas Polres Tabalong serta dilanjutkan pengembangan dilapangan.

sim ku

Tim berhasil mengamankan JYN dan RIF beserta barang bukti pada hari Sabtu, tanggal 24 Desember 2016 di Kelurahan Hikun Kecamatan Tanjung Kab. Tabalong.

 

Sebanyak 7 buah SIM  telah dibuatnya dengan harga yang bervariasi. Kedua Pelaku dijerat Pasal 263 ayat (1) KUH Pidana jo Pasal 55 KUH Pidana.

Kapolres Tabalong AKBP Hardiono, S.Ik melalui Kasat Lantas AKP Faisal Amri Nasution, SH, MM mengharapkan “Masyarakat untuk tidak mudah percaya kepada seseorang yang dapat membantu pembuatan sim secara cepat dan tidak sesuai prosedur karena penerbitan sim hanya dapat dilakukan oleh satuan pelaksana pelayanan penerbitan SIM” Ungkapnya.

Penulis : Dny

Editor.  : Kang Iqbal

Publish : Lois Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password