Rekruitmen Anggota Polri Clean and Clear, Serta Tidak Dipungut Biaya

Tribratanewspolri.go.id-Polda Bali   Kapolri Jenderal Polisi Drs. M. Tito Karnavian, MA. PhD menekankan bahwa rekruitmen (penerimaan) anggota Polri T.A. 2017, harus “clean and clear”. Karena pengelolaan sumber daya manusia melalui rekruitmen dengan prinsip bersih, transparan, akuntabel dan humanis (BETAH) serta tidak dipungut biaya, merupakan bagian dari wujud program Promoter Kapolri guna menghasilkan anggota Polri yang  berkualitas, sehat jasmani dan rohani.

Hal ini ditekankan oleh Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (AS SDM) Polri Irjen Pol. Drs Arief Sulistyanto pada saat teleconference kepada Karo SDM jajaran Polda se-Indonesia dan Panitia Rekruitmen Anggota Polri di Polda jajaran, yang berlangsung di Rupatama Polda Bali, Selasa 21/2.

Ditambahkan As SDM Polri, penerimaan anggota Polri merupakan unsur utama dalam kebutuhan organisasi Polri, dan guna terciptanya rekruitmen yang bersih dan transparan, maka Polri nantinya akan membentuk tim pengawasan Sapu Bersih (Saber) dari Inspektorat Pengawasan Polri terhadap rekruitmen anggota Polri baik Tamtama, Bintara, SIPSS, dan Akademi Kepolisian (Akpol). Sehingga pengelolaan SDM melalui penerimaan anggota Polri T.A. 2017 benar-benar dilaksanakan secara jujur, bersih, transparan dan bertanggung jawab.

Karo SDM Polda Bali Kombes Pol Drs. Sungkono yang didampingi Kabid Humas Polda Bali AKBP Hengky Widjaja, SIK., M.Si saat doorstop dengan wartawan/media usai teleconference, menegaskan kembali bahwa rekruitmen anggota Polri T.A. 2017 di Polda Bali dilaksanakan secara clean and clear (bersih dan transparan). Oleh sebab itu dihimbau kepada masyarakat yang berminat untuk menjadi anggota Polri, hendaknya menyiapkan diri secara fisik, mental, dan akademik serta tidak mudah percaya dengan orang atau sponsor yang menjanjikan sesuatu, karena masuk Polri “tidak dipungut biaya atau gratis”.

Pada kesempatan teleconference tersebut, para panitia penerimaan anggota Polri T.A. 2017 di Polda jajaran se-Indonesia, dilakukan pengambilan sumpah sesuai agama dan kepercayaannya oleh para pemuka agama, yang kemudian dilanjutkan penandatanganan Pakta Integritas rekruitmen anggota Polri T.A. 2017 sebagai bentuk tanggung jawab bukan hanya secara pribadi, masyarakat, bangsa dan negara, tetapi juga pertanggungjawaban kepada Tuhan Yang Maha Esa (TYME)

Polri sendiri pada bulan Februari tahun 2017 ini membuka kesempatan bagi pemuda-pemudi Indonesia yang berminat menjadi anggota Polri melalui jalur SIPSS, Tamtama, Bintara, Akademi Kepolisian (Akpol), dapat melihat syarat ketentuan pendaftaran melalui website resmi Polri atau dapat mendaftarkan diri langsung ke Polres terdekat atau Polda Bali.

Kegiatan teleconference di Polda Bali diikuti oleh Karo SDM bersama pejabat utama, panitia rekruitmen anggota Polri daerah Bali dari beberapa satuan kerja, LSM pengawas eksternal, dan tokoh lintas agama.

Sumber : Humas Polda Bali

Publish : Swan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password