Bhabinkamtibmas Polsek Tewah Sambangi Warga Cegah Karhutla

Tribratanews.polri.go.id –  Polres Gunung Mas, Polda Kalteng.

Segala cara dilakukan oleh pihak Kepolisian untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Sumur Mas, Kecamatan Tewah, Kabupaten Gunung Mas, Kalteng.

Adalah Bhabinkamtibmas Polsek Tewah Briptu Susanto yang melakukan hal ini, langkah itu sebagai ujung tombak dalam upaya pendekatan kepada warga khususnya Desa Sumur Mas, Kecamatan Tewah, Kabupaten Gumas, Kalteng, Selasa (21/02/2017) pukul 10.00 WIB.

Selain imbauan, dia juga menegaskan jika membakar lahan dapat diproses secara hukum.

Tersangka Karhutla bisa dihukum berdasarkan KUHP Pasal 187 dengan sengaja melakukan pembakaran diancam pidana penjara 12 tahun.

” Bisa juga dijerat dengan UU No 41 tahun 1999 tentang Kehutanan dan UU Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup,” jelas Briptu Susanto.

Polres Gumas dan Polsek jajaran akan terus melakukan pengawasan di daerah rawan Karhutla.

Seperti di perkebunan sawit dan perkebunan warga yang masih menggunakan cara tradisional dalam membuka lahan tani, yaitu dengan cara dibakar.

Selain memberikan imbauan tentang Karhutla, Bhabinkamtibmas juga menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga kemanan dan ketertiban.

Penulis : Humas Polres Gumas
Editor : Kang Iqbal 96
Publish : Aggrio

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password