Forkominda di Kalsel : Pertajam Pengawasan Konflik Sosial dan Kriminal di Balangan

tribratanews.polri.go.id, Polres Balangan- Bertempat di Aula Manyandar Pada hari Selasa (21/2/2017) pukul 10.00 Wita telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Intelijen Daerah (FORKOMINDA) Kab. Balangan.

Pimpinan Rapat yaitu Kepala Kesbangpol Kab. Balangan Drs. Hifni Efendie, dihadiri oleh Kabinda Prov. Kalsel Brigjen TNI Daru Cahyono, Dir Intelkam Polda Kalsel Kombes Pol Drs. Pristiyo Dwi Antono, Bupati Balangan, Kapolres Balangan, Kasdim 1001 Amuntai – Balangan, Kajari Balangan serta tamu undangan lainnya yang tergabung dalam Forkominda Kab. Balangan.

Bupati Balangan selaku Ketua Forkopimda Kab. Balangan menyampaikan tentang keadaan situas dan kondisi wilayah Kab. Balangan, secara umum dalam keadaan aman terkendali. Trend permasalahan kedepan yang perlu diantisipasi bersama yaitu berkenaan dengan permasalahan sengketa tanah/pembebasan lahan sebagai dampak perluasan perusahaan tambang Batubara di Kab. Balangan, disamping itu bantuan dibidang keamanan dari pihak Polri dan TNI sangat diperlukan.

Kepala BIN daerah Provinsi Kalsel yang turut datang dalam kegiatan ini Brigjen TNI Daru Cahyono dalam kesempatan ini menyampaikan tentang situasi umum kondisi kamtibmas di wilayah Kalimantan Selatan, meliputi bidang Ideologi, Politik, Sosial Budaya dan Pertahanan Keamanan. Beberapa diantara yang perlu menjadi perhatian khusus yaitu berkenaan dengan kelompok radikal yang saat ini mencoba berkembang di wilayah Kalsel.

Dir Intelkam Polda Kalsel juga memberikan sasaran kepada Kominda Balangan lebih utamakan pengawasan gerakan saparatis dan kelompok radikal yang intoleransi dan pro kekerasan.

kominda

Permasalahan kriminal maupun konflik sosial juga di Paparkan oleh Kapolres Balangan, beberapa permasalahan yang saat ini berkembang di wilayah Kab. Balangan, diantaranya yaitu :
– Adanya rencana pembentukan Pengurus FPI di Kab/kota se Provinsi. Kalimantan Selatan,
– Upaya upaya Polres Balangan dalam meminimalisir berkembangnya faham radikal di Kab. Balangan.
– Perkembangan kondisi jalan rusak di Kab. Balangan yang berdampak pada sitkamtibmas.

Tidak kalah pentingnya Penyampaian Kajari Balangan tentang perkembangan media sosial yang begitu rentan memicu terjadinya konflik sara sehingga perlu adanya pengawasan cyber dan penegakan hukum sesuai undang – undang informasi.

Sekitar jam 12.30 wita kegiatan berakhir, ditutup dengan acara doa bersama demi kestabilan keamanan di kabupaten Balangan.

 

Penulis : Lois Adi

Editor.  : Kang Iqbal

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password