Cegah Laka Lantas Di Banjarnegara : Satlantas Polres Banjarnegara Pasang Banner Himbauan

WhatsApp Image 2017-02-21 at 14.57.45Tribratanews.polri.go.id – Kecelakaan lalu lintas atau laka lantas di Banjarnegara mulai tanggal 1 Januari 2017 hingga 20 Februari 2017 telah mencapai angka 40 kejadian.

Kejadian kecelakaan lalu lintas ini di dominasi oleh sepeda motor dengan rincian kejadian laka lantas yang melibatkan 43 sepeda motor, 8 mobil penumpang, 3 bus dan 5 mobil barang.

Akibat kejadian ini 62 orang mengalami luka ringan, 2 orang luka berat dan 12 orang meninggal dunia dengan kerugian materiil sebesar Rp 45.500.000.

Selain dengan diawali pelanggaran lalu lintas, laka lantas juga dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti faktor manusia, faktor cuaca, faktor kendaraan bahkan faktor jalan.

Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, Unit Laka Satlantas Polres Banjarnegara telah melakukan berbagai upaya seperti pendidikan masyarakat tentang lalu lintas atau dikmas lantas, sosialisasi dan penyuluhan, hingga upaya penegakkan hukum dengan razia.

Selain itu, upaya pemasangan banner himbauan juga telah dilakukan Unit Laka pada lokasi rawan kecelakaan, Selasa (21/2/2017).

Seperti di Jalan Raya turut Kecamatan Sigaluh, Kecamatan Bawang dan Kecamatan Purwanegara. Pemasangan banner himbauan ini bertujuan untuk mengingatkan pengendara kendaraan bermotor untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam mengendarai kendaraannya.

Kanit Laka, Iptu Akbarul H., SH berharap dengan kegiatan ini dapat mengingatkan masyarkat untuk selalu berhati-hati dalam mengendarai kendaraannya guna meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas.

Lebih lanjut Kanit Laka mengimbau kepada masyarakat untuk tertib dalam berlalu lintas. Tertib kelengkapan surat-surat maupun kelengkapan kendaraan. Karena kecelakaan lalu lintas biasanya diawali dengan adanya pelanggaran.

“Marilah kita menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan.”, imbuhnya.

Penulis : Bripda Asri

Editor : Kang Iqbal

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password