Tak Selalu Identik dengan Kekerasan, Ini Bukti Kalau Mereka Miliki Jiwa Sosial Tinggi

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Siapa bilang perguruan pencak silat selalu identik dengan kekerasan, tawuran dan huru hara. Anggapan itu harus ditepis jauh-jauh saat melihat apa yang mereka lakukan. Hari Minggu (19/02) kemarin puluhan warga pencak silat SH Terate bersama Polsek Panggul Polres Trenggalek dan Koramil Panggul melaksanakan kerja bakti perawatan pohon mahoni yang ditanam di sepanjang Jalur Lintas Selatan (JLS) di Desa Banjar Kecamatan Panggul.

Kegiatan sosial ini cukup menarik perhatian pengguna jalan yang melintas. Dengan menggunakan pakaian kebesaran warna hitam, para pendekar ini tampak kompak menyiram dan memberi pupuk pohon yang nantinya berfungsi sebagai penyerap polusi jalanan ini.

“Harus dipupuk jiwa sosial seperti ini. Bagus, sangat setuju dan mendukung. Harus saling menjaga kerukunan”, ujar Kapolsek Panggul Polres Trenggalek, AKP Wajib Santoso, SH.

Sementara itu, di tempat yang berbeda tepatnya di Desa Tumpuk Kecamatan Tugu, puluhan anggota pencak silat Setia Hati Terate atau yang lebih dikenal dengan PSHT ini juga melaksanakan kegiatan sosial serupa. Bedanya, mereka dibantu warga dan Bhabinkamtibmas setempat Aiptu Nuriono kerja bakti membersihkan parit yang sudah dipenuhi oleh rumput ilalang.

Aiptu Nuriono bersama anggota PSHT Tugu saat melaksanakan kerja bakti membersihkan parit di wilayah Desa Tumpuk
Aiptu Nuriono bersama anggota PSHT Tugu saat melaksanakan kerja bakti membersihkan parit di wilayah Desa Tumpuk

“Anak-anak muda ini luar biasa, ndak ada capeknya. Tentang aksi sosial mereka, jelas sangat mendukung, jempol empat deh”, ungkap Aiptu Nuriono yang sehari-hari berdinas di Polsek Tugu Polres Trenggalek ini.

Dengan kegiatan sosial seperti diatas, stigma negatif tentang figur pencak silat akan hilang dengan sendirinya berganti dengan simpati dan apresiasi yang mengalir dari masyarakat.

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password