Siaga Banjir : Kapolres Tanjab Barat Cek Peralatan Dan Turun Langsung Lokasi Banjir

0tribratanewsjambi1

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jambi – Kuala Tungkal – Saat ini curah hujan di berbagai daerah di bulan Februari 2017 cukup tinggi. Hal ini menjadi perhatian pimpinan Polri dengan menggelar Recon Aman Nusa II antisipasi Bencana alam yang ditindaklanjuti Polres Polres Jajaran.

Sebagai upaya saat ini, Kapolres Tanjab Barat AKBP Agus Sumartono SIK SH MH melakukan pengecekan disaat pasca hujan di beberapa lokasi sungai yang menjadi langganan banjir pada Selasa (21/2). Pagi hari bersamaan dengan turunnya hujan.

Pemantauan pertama di desa Terjun Gajah perbatasan Tanjab Barat dan Tanjab Timur.yang tahun lalu sempat menyebakan arus lalin lumpuh selama beberapa hari sehingga menyebabkan arus lalin macet.

Kemudian di sungai Serdang jaya yang pada bulan November 2016 meluap dan menggenangi pertanian masyarakat di wilayah Ds. Sri Menanti dan seputaran desa Serdang Jaya Kec. Betara.

” Saya melihat di Kabupaten Tanjab Barat ini cuaca cukup unik, setiap hari, ada gelombang Pasang selama 4 jam bergantian dengan surut, sehingga bila curah hujan tinggi, air laut pasang akan menyebabkan air tidak bisa di buang ke laut, sehingga daerah yang rendah akan terendam” ungkapnya.

0tribratanews7845Pada Bulan Januari – Februari 2017 curah hujan naik di wilayah Tanjab Barat khususnya di Kuala Tungkal, yang menjadi perhatian untuk kewaspadaan.

Sesuai arahan Kapolda Jambi, Brigjen. Pol. Drs. Yazid Fanani, MSi agar antisipasi wilayah terhadap bencana alam, Polres Tanjab Barat beserta Instansi terkait melakukan Koordinasi tentang pola antisipasi dan penanganannya.

Hal penting yang disiapkan adalah Kompetensi Personel, kelengkapan Peralatan, koordinasi dengan BPBD kabupaten, SAR , TNI dan Pemda.

Selain itu perlu juga back up dari Polda Jambi dan Propinsi untuk siaga bila sewaktu waktu dibutuhkan.

” Kita berharap, agar di Tanjab Barat ini tidak terjadi bencana alam, kita hanya berusaha dan berdoa melalui himbauan kepada warga yang sering pemukimannya kebanjiran melalui upaya antisipasi dini” ungkapnya.

Selanjutnya Kapolres beserta staf mengadakan pengecekan peralatan di Kantor BPBD Tanjab Barat dengan koordinasi penanganan.

” Saya sudah sepakat mengadakan apel bersama untuk kesiagaan ini, jadi nanti tidak terdadak” ungkap Kapolres.

Hadir dalam kegiatan Kabid Bencana Budi Prasetyo NM, Kasat Sabhara AKP Manalu, Kasubsektor kota IPTU Muhaimin dan personel lainnya.

” Saya terimakasih, baru Menjabat 1 bulanan sudah didatangi Kapolres, semoga pelaksanaan tugas berjalan dengan lancar” ucap Budi.

 

 

Penulis : Arief N Yusuf / Lilik Adhi

Editor : Iqbal96

Publish :  Lilik Adhi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password