Proses Rekrutmen Polri 2017 Akan Diawasi Tim Saber Pungli

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Kepolisian Negara Republik Indonesia sebentar lagi akan melaksanakan rekrutmen Polri secara terpadu tahun 2017 di seluruh Indonesia, mulai dari Akpol, SIPSS, Bintara dan Tamtama.

Proses rekruktmen Polri ini diawali dengan pengambilan sumpah seluruh personil Polri yang masuk dalam Panitia Seleksi, baik tingkat Pusat maupun Panitia Daerah.

Pengambilan sumpah ini dilaksanakan di Mabes Polri, dipimpin oleh Assiten SDM Polri Irjen Pol Arif Sulistyanto yang didampingi Kapus Paminal Polri dan Kapus Dokkes Polri, Selasa (21/2/2017). Sedangkan seluruh jajaran Polda mengikutinya melalui saluran video conference.

IMG_8312

Di Polda Sulut, pengambilan sumpah diikuti oleh Irwasda Polda Sulut Kombes Pol Hotman Simatupang selaku pengawas rekrutmen, Karo SDM Kombes Pol Ruslan Aspan, Kabid Dokkes Kombes Pol dr. Tri Yuwono Putra, Kabid Propam Kombes Pol Soni Priyohandoko, serta seluruh anggota panitia seleksi.

Menurut As SDM Polri, kegiatan ini merupakan bentuk awal dalam pelaksanaan proses penerimaan anggota Polri TA. 2017. “ Kegiatan ini dalam rangka menyamakan persepsi kita dalam proses penerimaan Polri, mulai dari pendaftaran, pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan, psikologi, akademik, jasmani dan penulusuan mental kepribadian,” jelasnya.

Proses ini lanjutnya, harus dilakukan dengan jujur dan bertangung jawab, berdasarkan prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (BETAH).

Kegiatan ini adalah rekrutmen perdana di awal kepemimpinan Kapolri jenderal Tito Karnavian. “Oleh karena itu Polri harus bisa mewujudkan misi ini dengan sebaik-baiknya, dengan melakukan rekrutmen dengan baik dan bertangung jawab,” jelas As SDM. Hal tersebut juga sesuai dengan arahan Presiden RI beberapa waktu lalu, bahwa rekrutmen harus dilaksanakan dengan jujur dan bertangungjawab.

Beliau juga berharap seleksi Polri ini dapat menghasilkan anggota Polri yang tanggap, tangguh dan trengginas serta sehat jasmani dan rohani.

“Jangan coba main-main dengan bentuk apapun. Hindari korupsi, kolusi, konspirasi dan nepotisme, hilangkan rumor untuk masuk polisi harus bayar, lakukan upaya yang jujur dan bertanggung jawab,” ujarnya.

Dalam proses rekrutmen 2017, Mabes Polri juga akan menurunkan Tim Saber Pungli (sapu bersih pungutan liar) yaitu Itwasum dan Divisi Propam Polri yang akan mengawasi selama proses rekrtumen berlangung.

Beliau berpesan agar lakukan proses ini dengan baik dan benar. “Mari kita tingkatkan integritas kita, revolusi mental harus kita mulai dari proses rekrutmen Polri ini,” katanya.

“Meskipun tidak diawasi oleh atasan tapi Allah SWT yang akan mengawasi kita karena Allah SWT Maha Mendengar, Maha Melihat dan Maha Mengetahui, sanksi bagi pelangar sumpah bukan hanya sanksi di dunia tapi juga sanksi di akhirat,” pungkas mantan Kapolda Kalbar ini.

Sumpah dan janji pelaksanaan rekrutmen yang jujur dan bertanggunjawab diucapkan oleh seluruh panitia seleksi dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas.

Penulis: Pri
Editor: Iqbal96
Publish: Pri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password