Ahmad Toha dan Mesin Penyambung Hidup

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Adalah seorang AKP Tri Basuki, Polisi yang saat ini menjabat sebagai Kapolsek Dongko Polres Trenggalek. Ulah Kapolsek satu ini seringkali terbilang nekat jika sudah bicara tentang peduli sesama. Medio 2015, ia nekat memodifikasi kendaraan patroli Polsek Dongko Polres Trenggalek menjadi mobil tangki air untuk warga yang saat itu dilanda kekeringan. Aksi lainnya, ia membongkar rumah seorang warga untuk dibangun kembali menjadi lebih layak. Belum lagi, ia mampu menumbuhkan jiwa sosial dikalangan anak buahnya untuk berbagi kepada masyarakat miskin dan tak mampu yang sering diberitakan polrestrenggalek.com.

Ternyata, tak hanya di tempat bertugas saja, di lingkungan rumahnya pun AKP Tri Basuki juga melakukan hal yang sama. Melihat salah satu tetangganya bernama Ahmad Toha yang mengalami cacat kaki, Perwira humoris ini pun melemparkan gagasan kepada pemuda desa untuk memberikan bantuan alat transportasi berupa sepeda motor yang telah dimodifikasi sedemikian rupa yang bisa digunakan Ahmad Toha mencari nafkah. Tak disangka, gagasan tersebut disambut baik oleh kalangan pemuda Desa Sambirejo.

“Alhamdulillah, kepedulian pemuda Sambirejo sangat luar biasa. Walaupun butuh waktu agak lama mengumpulkan uang untuk membeli sebuah motor dan memodifikasinya”, ujar AKP Tri Basuki.

Menurut cerita yang diterima polrestrenggalek.com, Ahmad Toha mengalami kecelakaan 10 tahun yang lalu saat bekerja di perusahaan tambang yang berada di Kalimantan yang menyebabkan kedua kakinya lumpuh dan tidak bisa digerakkan. Ibarat sudah jatuh tertimba tangga, tak lama kemudian ia harus rela berpisah dengan istrinya. Sementara, ia sudah tak punya lagi tempat tinggal. Jadilah Ahmad Toha menumpang di rumah salah satu adiknya. Tak mau hanya berpangku tangan, ia berusaha mandiri dengan memelihara kambing milik adiknya. Untuk mencari rumput sebagai pakan kambing ia hanya bisa lakukan di seputaran lingkungan rumahnya saja. Itupun berjalan ngesot menggunakan tumpuan kedua tangannya.

Mendapatkan informasi dari anggotanya, Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K, M.Si bersama ketua Bhayangkari Cabang Trenggalek pun mengapresiasi dan berkenan ikut serta mendampingi penyerahan sepeda motor modifikasi tersebut kepada Ahmad Toha. Bahkan Ahmad Toha juga mencoba kendaraan tersebut di depan Kapolres dan pejabat lainnya.

“Sungguh apa yang telah dilakukan pak Tri Basuki ini sebuah perbuatan mulia. Kepedulian kepada sesama harus terus ditumbuhkembangkan. Tidak usah jauh-jauh, tetangga kanan kiri kita masih banyak yang membutuhkan bantuan”, jelas orang nomor satu di Polres Trenggalek ini.

Dalam kesempatan tersebut, Donny juga berpesan kepada seluruh anggota Polres Trenggalek agar terus meningkatkan kepedulian kepada sesama kapanpun dan dimanapun.

“Agar Polri sebagai representasi kehadiran Negara membawa manfaat kepada masyarakat”, pungkasnya.

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password