Pilkada 2017 di Sarolangun Jambi : Kapolres Pimpin Mediasi Aksi Massa Yang Tidak Puas Dengan Hasil Rekapitulasi KPUD

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jambi, Pilkada Kab. Sarolangun telah selesai dan rekapitusi suara dari KPUD pun sudah diketahui hasilnya, Kapolres Sarolangun Senin (20/2) Pimpin pengamanan aksi unjuk rasa oleh Aliansi Masyarakat Sarolangun Bersih (AMSAB) yang berkumpul/titik kumpul di Mesjid Al-Falah Kab. Sarolangun, dengan koorlap Sadad Muhammad dengan jumlah massa 500 orang.

IMG-20170220-WA0128

Aliansi Masyarakat Sarolangun Bersih (AMSAB) sendiri merupakan gabungan dari beberapa LSM, Adapun tuntutan dari pengunjuk rasa; pertama, Menolak rekapitulasi hasil pilkada Kab. Sarolangun; kedua, Menolak pemimpin/penguasa yang zholim dan menipu rakyat Sarolangun;ketiga, Meminta KPK mengusut tuntas kasus dugaan korupsi Cek Endra dari awal kepemimpinan sampai akhir masa jabatannya; keempat, Meminta didiskualifikasi hasil pilkada tanggal 15 Februari 2017; kelima, Usut pelanggaran money politik pada pilkada tanggal 15 Februari 2017 Kab. Sarolangun; keenam, Meminta diulang kembali pilkada Kab. Sarolangun karena penyelenggara pilkada Kab. Sarolangun tidak profesional dalam menyelenggarakan pilkada dan berpihak pada sakah satu paslon nomor urut 2.

IMG-20170220-WA0131

Aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh Aliansi Masyarakat Sarolangun Bersih (AMSAB) tersebut bertempat di Kantor Bupati dan Kantor KPUD Sarolangun, sebelumnya berkumpul di masjid Al-Falah Sarolangun sekira Pukul 10.20 Wib massa pengunjuk rasa bergerak menuju kantor Bupati dengan berjalan kaki/long march dengan melakulan orasi jalanan menggunakan kendaraan.

Selanjutnya Pukul 10.45 Wib para pengunjuk rasa melakukan orasi disimpang kantor Bupati Sarolangun.

IMG-20170220-WA0127

Sekira pukul 11.20 wib para pengunjuk rasa bergerak menuju kantor Bupati Sarolangun berhenti disimpang 3 konplek kantor Bupati Sarolangun dengan melakukan orasi.

Kapolres Sarolangun bertemu dengan  perwakilan massa Aliansi Masyarakat Sarolangun Bersih (AMSAB) berdialog dan menyampaikan aspirasi bertempat di pendopo lapangan Gunung Kembang (Komplek perkantoran Pemda Sarolangun).

Sekira Pukul 14.00 wib  Komisioner KPU Sarolangun, Panwas Kab. Sarolangun, PJ Bupati Sarolangun yang dipimpin oleh Kapolres melakukan dialog dengan perwakilan massa Aliansi Masyarakat Sarolangun Bersih ( AMSAB )

Dari pertemuan tersebut  diperoleh hasil sebagai berikut :

● Koorlap Sadad Mehammad menyampaikan :

– Meminta agar. Kepada pihak Panwas,  KPU Sarolangun Agar seluruh pelanggaran oleh penyelenggara Pilkada dibuka.

– Meminta team Audit dari pusat. Untuk melaksanakan pemeriksaan terhadap kecurangan Pilkada Sarolangun.

● Kapolres Sarolangun memberikan arahan dan pemahaman :

– Bahwasanya tidak mau berdebat kusir,

– Jangan paksa kita mengikuti kemauan kalian tapi kita ikuti aturan hukum.

–  Jika rekan rekan ada bukti silahkan sesuai dengan aturan dan undang undang laporkan,

● Ibu Ketua Panwas Sarolangun Rofikoh Febriyanti,SP menjelaskan sbb :

–  Menghargai sebesar besarnya

–  kita di Panwas ada teknis pelaporan, harus terpenuhi secara formil dan materiil,

– 33 kasus hanya 4 laporan, jadi 29 itu temuan Panwas hasil kerja Panwas, jangan bilang kami tidak kerja.

– Bapak ibu yang disini perlu diketahui sampai detik ini tidak ada laporan ke Panwas, dari pihak manapun tidak ada, kami selaku lembaga Pengawas punya Pengawas hingga tingkat TPS, dan kami wajib melaporkan berupa fhoto dan video langsung kami laporkan, riak riak di TPS tdk ada dan pada saat di TPS tdk ada saksi paslon di TPS keberatan dan tidak tanda tangan saksi malah selfi selfi.

– Kalo memang bapak ibu merasa ada kecurangan Silahkan Bapak ibu Upload video langsung ke Banwaslu, karena kami pemgawasan berbasis  IT.

Atas penjelasan oleh Kapolres dan Ketua Panwas Sarolangun perwakilan menerima penjelasan dan akan menyampaikan temuan paling akhir adalah hari Selasa tanggal 21 Februari 2017 pukul 00.00 Wib, sesuai dengan aturan.

Sekira Pukul 14.30 Wib, dialog dan penyampaian Aspirasi telah selesai dilaksanakan, selanjutnya perwakilan membawa massa meninggalkan lokasi, situasi tertib

Kapolres Sarolangun AKBP Budiman B.P. S.I.K.,M.H., saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa dalam aksi ini Polres mengerahkan Pasukan pengamanan sebayak 460 pers terdiri dari pers polres dan Polsek jajaran Sarolangun, Sabhara polres Merangin, brimobda Jambi, kodim 0420 sarko, hal ini dilakukan untuk mencegah aksi anarkhis dan hal-hal yang tidak diinginkan, tutur Kapolres

 

Penulis : Indra

Editor : Iqbal96

Publish : Indra Gunawan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password