Personil Polres Tanjabbar Lakukan Tugas Pengamanan Kebaktian Gereja Dengan Ikhlas

0tribratanews7845

Tribratanews.polri.go.id –  Polda Jambi –  Jajaran Polres Tanjab Barat melaksanakan giat pengamanan rutin kebaktian di gereja se – jajaran sebagai upaya pelayanan sekaligus giat imbangan Operasi Bina Waspada yang dilakukan pada Minggu pagi (19/02/17)

Menurut Kapolres Tanjab Barat AKBP Agus Sumartono, SIK, SH, MH, menegaskan,walaupun hari libur, kita tetap berikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, salah satunya pengamanan kebaktian gereja bagi umat Nasrani yang melaksanakan kegiatan ibadah di gereja.

“Kegiatan ini untuk tingkatkan rasa toleransi dan pendekatan umat beragama di wilayah Tanjab Barat,” ujar Kapolres.

Dalam pelaksanaanya, dilakukan oleh Personel yang melaksanakan piket dan On Call dipimpin oleh Iptu Mazril dan Iptu Mulyadi dengan melibatkan seluruh fungsi serta Bhabinksmtibmas dan 3 Pilar lainnya yakni Babinsa dan Perangkat Desa.

” saya berharap 3 Pilar ini harus kokoh, karena permasalahan Kamtibmas berasal dari tingkat bawah, dan disesuaikan dengan eskalasinya sesuai tingkatannya,” ucap Agus.

Kali ini, hampir sebagian besar gereja dan tempat ibadah yang diamankan yaitu wilayah Tungkal Ilir, Tebing Tinggi, Tungkal Ulu dan Kecamatan Betara.

Untuk Wilayah Polsek Tungkal Ilir Dipimpin Kapolsek AKP La Ode Prasetyo, SIK anggota BKTM Tungakal Harapan Aiptu Agus melaksanakan PAM di Gereja HKBP Kelurahan Tungkal Harapan sekitar pukul 09.00 Wib.

Wilayah Polsek Betara
Dikomandoi Kapolsek AKP Pandit Wasianto, SH, personel yang ditugaskan Bripda Asyef Khaerony lselaku Ba Polsubsektor Pematang Lumut di Rumah ibadah GPDI Panthekosta, di Dusun Simpang Mentari Desa Pematang Lumut, pukul 10.00 Wib.

Wilayah Polsek Merlung
Dibawah Komando Kapolsek IPTU Sazanola Harefa, SE, Jajaran Polsek Merlung dan BKTM melaksanakan PAM Gereja, diantaranya di Gereja GPDI km 73, Gereja ONKP km 76 dan Gereja HKBP Km 88, Desa Dusun Mudo, Kecamatan Muara Papalik, serentak pukul 09.00 wib s/d selesai.

Sedangkan Polsek Tungkal Ulu Dipimpin Kapolsek AKP Arief Nazaruddin Yusuf, SH, para Bhabinkamtibmas Purwodadi Polsek Tungkal Ulu, Aipda Danial Ginting bersama Babinsa Serda Ujang Saputra dan anggota Satpol PP Pemkab Tanjab Barat, melaksanakan patroli dialogis giat ibadah minggu di Gereja GBI, di jalan Kemiri, Desa Purwodadi, pukul 10.00 sds pukul 13.00 Wib.

Pada Sub Sektor Tebing Tinggi beserta anggota BKTM Kelagian melaksanakan patroli dialogis ke tempat tempat perkumpulan masyarakat dan tempat ibadah gereja dilaksanakan oleh Bripka Suharno dan Bripka Ujang Suryana, diantaranya Gereja GPIB, HKBP, GBI dan GGP di jalan Lintas Timur KM 3 Kelurahan Tebing Tinggi, Kecamatan Tebing Tinggi.

Kapolres menekankan agar seluruh jajaran untuk memberikan pelayanan keamanan yang baik sesuai standar operasional prosedur yang berlaku dalam pengamanan Gereja.

“Berikan pelayanan yang terbaik terhadap masyarakat, kerja iklas tanpa pamrih, Allah akan memberikan pahala yang setimpal,” beber Agus.

Adapun sistem pengamanan dengan menerapkan SOP yang berlaku.

Pertama, melakukan apel kesiapan Pam Gereja dilokasi 1 jam sebelum mulai kegiatan dipimpin oleh Perwira atau Pers Senior di Lokasi dan membagi tugas kepada Pers dilokasi (ada yg jaga Parkir, Pam Terbuka, Pam Tertutup , petugas Sterilisasi, dan Jaga Belakang),

Kedua, lakukan Sterelisasi Oleh Tim Disaksikan oleh Pengurus Gereja. (setelah Selesai, baru Jemaat dipersilahkan masuk),

Ketiga, adakan pemeriksaan barang Bawaan oleh Pers Pam dibantu Polwan.

Keempat, adakan Pam Terbuka dan Patroli disekitar gereja.

Kelima, lakukan patroli di lokasi Radius 500 meter dilakukan oleh pers lain atau pers Pam yang lokasi gerejanya jauh dari BKO,

Keenam, ketika kebaktian selesai, personel pam lakukan APP anev giat Pam selanjutnya koord petugas gereja untuk penutupan pintu Pagar.

“Setiap kegiatan pengamanan harus mempedomani standar operasional prosedur (SOP) yang harus dipedomani petugas, tidak boleh asal pengamanan saja,” terangnya.

Syukur alhamdulillah pelaksanaan hari ini lancar, untuk itu “Mari kita amankan kabupaten Tanjabbar dengan selalu menghargai dan menghormati sesama,” Ucap Kapolres akhiri pembicaraan.

Penulis : Arief N Yusuf/Lilik Adhi

Editor : Iqbal96

Publish : Lilik Adhi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password