OPERASI LILIN CANDI 2016 : Kapolres Brebes Pimpin Latihan Pra Operasi Lilin 2016 dan Tahun Baru 2017

img_0807Tribratanews – Menjelang pelaksanaan Natal tahun 2016 dan menyanbut Tahun Baru 2017, Polres Brebes mulai mempersiapkan pola pengamanan guna mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas maupun tindak teror yang dapat mengganggu jalannya perayaan umat Kristiani dan masyarakat yang akan menikmati liburan akhir tahun tersebut. Disamping antisipasi gangguan Kamtibmas ratusan personil juga akan disebar guna antisipasi kepadatan arus lalu lintas yang diprediksi akan mengalami lonjakan diwilayah kabupaten Brebes.

Sedikitnya 264 personel Polres Brebes akan ditempatkan dititik-titik kerawanan baik di lokasi Gereja, penggal jalan maupun pusat keramaian dan tempat wisata. Personel yang dilibatkan masih bisa bertambah karena Polres Brebes akan mendapat pasukan BKO dari Polda Jawa Tengah. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Kapolres Brebes AKBP Luthfie Sulistiawan saat memimpin Pelatihan Pra Operasi (Lat Pra Ops) Lilin Candi yang digelar di Aula Mapolres Brebes, Rabu (21/12/2016).

Disampaikan oleh Kapolres bahwa pelaksanaan Lat Pra Ops ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran kepada anggota terkait rencana pengamanan jalannya Natal tahun 2016 dan menyambut tahun Baru 2017. Pelaksanaan Operasi dengan Sandi “Lilin Candi” tersebut rencana akan dilaksanakan mulai tanggal 23 Desember 2016 – 2 januari 2017.

“Melalui latihan pra ops ini kita siapkan segala sesuatu yang mendukung kelancaran ops lilin Candi 2016. Berbagai atensi pimpinan Polri harus menjadi perhatian kita untuk bekerjasama dengan intansi terkait guna mewujudkan situasi kondusif di wilayah Brebes” ujar Luthfie.

Disampaikan Kapolres pihaknya akan secara maksimal mengamankan peringatan Natal dan moment pergantian tahun. Menurutnya dengan pengamanan yang makismal, Ia berharap umat Kristiani dapat beribadah dengn tenang. Selain itu juga perayaan tahun baru seluruh masyarakat juga menikmati pergantian tahun denganaman dan lancar.

Pada kesempatan itu Kabag Ops AKP Supriyadi memaparkan rencana pengamanan Perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 di wilayah hukum Polres Brebes. Ploting pengamanan akan difokuskan diseluruh objek vital, pusat perbelanjaan, tempat rekreasi dan wisata serta tempat hiburan dan juga pemukiman warga, termasuk pengamanan dan pengaturan arus lalulintas jalan raya.

Sementara, itu dalam kesempatan yang sama Kasat Lantas Polres Brebes AKP Arfan Zulkan Sipayung memaparkan perkiraan situasi arus lalu lintas yang diperkirakan akan mengalami peningkatan diberapa penggal jalan baik pantura, tengah maupun selatan  melalui tactical floor game (TFG). TFG ini bertujuan untuk menggambarkan situasi yang akan dihadapi. Personel akan mengetahui peran dan tugas masing-masing, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bersama.

Disamping itu juga latihan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi peserta pelatihan, terkait dengan jumlah personel yang dilibatkan dalam suatu operasi, tahapan dan cara bertindak serta sarana prasarana yang akan digunakan oleh masing-masing personel dalam suatu operasi Kepolisian.

Diakhir kegiatan pelatihan, Kapolres mengharapkan tactical floor game ini bisa meningkatkan pemahaman dan kemampuan personel dalam bertindak di lapangan. Kapolres juga meminta kepada peserta pelatihan agar benar-benar memahami tugas pokok dan fungsi masing-masing. (Hms)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password