Aksi Curanmor Terekam CCTV, Aparat Polsek Tamalate Ringkus Pelaku Saat Tertidur Pulas

Tribratanews.polri.go.id – Makassar Sulsel, Usai menjual sepeda motor hasil aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang dilakukan seharga Rp2 juta, tersangka Andi Mapparenta (25) tertidur pulas di kamar kosnya. Namun saat tertidur pulas, sekitar pukul 05.00 Wita, datang petugas kepolisian meringkusnya.

Tim Resmob Polsek Tamalate, Polrestabes Makassar, Polda Sulsel, yang dipimpin Kanit Reskrim, Iptu Rivai, SH dan Panit Opsnal, Ipda Sugiman melakukan penggerebekan di rumah kos pelaku curanmor. Petugas kepolisian datang menggerebek tersangka Andi Mapparenta (25), warga Tanah Toa, Kecamatan Bangka, Kabupaten Bontoala, Makassar.

Tim Resmob yang tiba di lokasi langsung mengepung rumah indekos tersangka. Petugas lalu melakukan penyergapan. Tersangka yang sedang tertidur lelap setelah menikmati hasil jualan sepeda motor yang ia petik seharga Rp.2 juta, akhirnya hanya pasrah dibekuk aparat. tersangka lalu digelandang ke Mapolsek Tamalate, Kota Makassar.

Dari hasil interogasi, tersangka mengakui telah melakukan pencurian motor di Jalan Bontoduri VI, tepatnya di Pondok Annur Kecamatan Tamalate, Makassar.

“Iya Pak, saya mencuri motor di Jalan Bontoduri VI. Motor itu merk Yamaha Mio GT. Waktu itu tanggal 8 Februari 2017, sekira seminggu lalu.” papar tersangka.

Menurut pengakuannya, tersangka menjual hasil jarahannya itu di kampung halamannya di Kampung Tompo Lando, Bangkala, Kabupaten Jeneponto. Ia menjualnya seharga Rp. 2 juta.

Kapolsek Tamalate, Kompol Amrin AT yang dikonfirmasi, Sabtu (18/2/17) mengatakan, tersangka saat ini masih menjalani pemeriksaan. Tersangka ditangkap berdasarkan laporan polisi LP/153/II/2017/ Restabes Makassar/Sek Tamalate.

Dalam penangkapan tersebut sambung Kompol Amrin, turut diamankan barang bukti berupa 1 (satu) buah topi merk Fat warna biru putih, 1 (satu) buah celana jeans merek Louis warna biru yang digunakan pelaku saat beraksi.

“Aksi curanmor tersangka ini terkuak lantaran terekam CCTV milik Pondok An-Nur,” pungkas Kapolsek Tamalate, Kompol Amrin AT.

Keberadaan kamera pengintai atau CCTV (Closed Circuit Televison) sangat berguna sebagai fungsi pengamanan (security) di sekitar kantor atau rumah. Pemasangan CCTV, minimal dapat mengurangi niat jahat yang akan dilakukan oleh seseorang, atau dengan adanya CCTV, pelaku kejahatan dapat langsung diketahui dari rekaman gambar video yang tersimpan di dalam CCTV tersebut.

Pemasangan CCTV ini adalah penggunaan kamera video untuk mentransmisikan signal video ke tempat spesifik, dalam beberapa set monitor. Kamera CCTV brrfungsi untuk keperluan pengawasan keamanan (security surveillance system) untuk antisipasi tindak kejahatan kriminal (crime action), pencurian, perampokan, dan banyak hal lainnya sehubungan dengan tindak kejahatan dan kegiatan yang tidak diinginkan.

Seperti aksi curanmor yang terjadi di Pondok (Rumah) kos An-Nur, pelakunya langsung dikejar dan ditangkap oleh Aparat Polsek Tamalate, karena adanya bukti rekaman yang bisa menjadi salah satu alat yang dapat mengungkap aksi kejahatan yang terjadi.

Dengan maraknya tindak kejahatan berupa pencurian yang terjadi tidak hanya di sekitar pemukiman warga, tetapi juga kantor pemerintahan seperti kantor desa atau kantor camat, kantor pemerintah daerah, kantor perusahaan, sekolah, dan lainnya. Maka, dengan adanya kamera CCTV, dapat membantu pihak kepolisian dalam melakukan penyelidikan, apabila sewaktu-waktu terjadi suatu tindak kejahatan.

Kamera CCTV ini, dianggap dapat meningkatkan sistem keamanan di lingkungan sekitar selama 24 Jam. Setidaknya, pemasangan kamera CCTV dapat mengurangi rasa was-was apabila rumah atau kantor ditinggalkan.

Situasi keamanan yang aman dan kondusif tentunya merupakan harapan semua lapisan masyarakat. Polisi yang bertugas sebagai pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, tidak dapat maksimal dalam menjalankan tugasnya, tanpa bantuan dari semua lapisan masyarakat tentunya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password