Bripka Anra Nosa Tim Leader di UN Police Lulus SIP

Tribratanews.polri.go.id – Polda Riau Ratusan polisi se-Riau ambil bagian mengikuti tes Sekolah Inspektur Polisi (SIP) yang digelar Polda Riau. Setelah mengikuti serangkaian pengujian yang cukup panjang dan melelahkan, 20 orang polisi Bintara terbaik pun dinyatakan lulus.

IMG-20170219-WA0002

Pengumuman kelulusan tersebut dilangsungkan Jumat (17/2/2017) petang kemarin, di Aula Bengkalis, Sekolah Polisi Negara (SPN) Kota Pekanbaru, Riau, yang dihadiri Kapolda Irjen Zulkarnain Adinegara dan pejabat utama Polda Riau serta ratusan polisi yang ikut seleksi SIP.

IMG-20170219-WA0004

20 orang Bintara terbaik pun dinyatakan lulus. Mereka ada yang berasal dari kabupaten lain dan dari berbagai kesatuan di kepolisian Riau. 15 diantaranya adalah Polki (Polisi Laki-laki), tiga orang Polwan (Polisi wanita) serta dua nama lagi jebolan dari talent scoting.

“Ini proses seleksi yang ketat, mereka ikut pendidikan dengan baik, kita harapkan jadi Perwira polisi yang baik sebagai agen of change, memberikan perubahan di organisasi dan semakin dipercaya serta dekat dengan masyarakat,” ungkap Kapolda Riau, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara

Tak mudah untuk lulus SIP bahkan jika diupayakan dengan sogokan sekalipun. Hal tersebut juga ditegaskan Jenderal bintang dua ini. “Selama ini ada isu, untuk masuk polisi dan kembangkan karir (di kepolisian) kata orang harus bayar, ini saya tegaskan tidak ada,” yakinnya.

IMG-20170219-WA0003

Baca Juga: http://tribratanews.polri.go.id/?p=68934

“Sebelumnya saya juga tekankan kepada panitia dan peserta, jangan tergoda bila ada yang menjanjikan (sogokan). Tadi saya tanya satu-satu, kalau ada yang lulus/tidak karena membayar, informasikan ke saya, uangnya saya kembalikan,” tegas Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain Adinegara

Kecakapan seorang polisi dalam berbagai hal tentunya dibutuhkan untuk jebol dalam tes tersebut. Salah satu buktinya, nilai tertinggi berhasil disabet oleh Anra Nosa SH MH, Bintara berpangkat Bripka yang pernah ditunjuk sebagai tim leader di UN Police (Polisi Dunia bentukan PBB).

Screenshot_2017-02-19-01-46-34_1

Bripka Anra Nosa, SH, M.Hum. Penyidik Direktorat Reskrimsus Polda Riau yang saat itu dipercaya memimpin puluhan polisi lainnya dari berbagai negara di Darfur (Sudan Selatan). Saat tugas di Darfur Bripka Anra pernah memimpin pasukan Tentara gabungan dibawah payung Organisasi PBB. Anak buahnya terdapat dua orang berpangkat Brigadir Jenderal dan puluhan orang Tentara lainnya berpangkat Kolonel dan Letnan Kolonel yang tersebar dari Tentara di negara negara di Eropah, Afrika dan Asia. Anra Nosa lulus SIP peringkat teratas dengan torehan nilai 69,57. Ia sukses mengalahkan ratusan polisi lainnya yang turut dalam seleksi tersebut.

350f47740ef018a72c7acfxpn-6955_1

Tidak ada usaha yang mencurangi hasil, ini berkat dukungan dan doa dari keluarga, rekan dan pimpinan. Insya Allah semua bisa dilalui secara maksimal. Tes SIP ini paling berat adalah beban moril yang harus dipikul dan Alhamdulillah, semua berjalan baik,” ungkap Anra.

Punya prestasi mentereng di UN Police diakui Anra memiliki beban tersendiri. Semua mata tertuju dan jadi tolak ukur khusus. Hal tersebut nyatanya berhasil ia jawab dengan lulus peringkat nilai tertinggi. “Paling sulit itu Psikotes. Membutuhkan jiwa yang stabil dan pikiran yang tenang,” lanjutnya.

Sesuai perkataan atasannya, Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Anra Nosa pun memastikan tidak mengeluarkan uang sepersen pun demi jebol menjadi Perwira melalui jalur SIP tersebut. “Alhamdulillah, mulai awal tahapan sampai lulus tidak ada satu sen pun uang yang kami keluarkan,” ungkap Anra Nosa

Untuk Polisi Laki-laki (Polki): Anra nosa, Rian Onel, Dodi muska, Endang KJ, Hasan basri, Sudarto, Irsannidin harahap, Nanang puji, Ridwan butar-butar, Ashari, Muslim, Irwan fikri, Suhendrik, Rahmad wahyudi serta Yuhendra rosa.

Untuk Polwan lulusan SIP: Lexsy (Polantas), M Risma (Dokkes) dan Utari (Direktorat Krimum). Sedangkan dua nama yang lulus dari talent scoting: Irfana Doli dan Mike Kurniawan.

Sumber: goriau.com

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password