Bersatu Jaga Kamtibmas, Polres Keerom Adakan Pertemuan Rutin FKPM

Keerom – Fungsi Kepolisian adalah salah satu fungsi pemerintahan di bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Untuk mencapai hasil yang maksimal dari fungsi ini dibutuhkan kebersamaan antara polisi dan masyarakat, sehingga satu dengan yang lainnya merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Itulah yang dilakukan Kepolisian Sektor Skanto Polres Keerom. Dengan melaksanakan pertemuan rutin Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) sehingga dapat meningkatkan kerjasama dalam memelihara Kamtibmas pada hari Selasa (20/12/2016).

Kegiatan yang dilaksanakan di Balaikampung Intaimelyan distrik Skanto Kab Keerom ini dihadiri oleh Kanit Binmas Polsek Skanto Ipda Andi Alimin, Kepala Kampung Intaimelyan Bpk Hamdana, Ketua FKPM Gotong royong Kampung Intai melyan Bpk Nurdin, Tomas, Toga, Toper, Toda dan beberapa ketua Paguyuban – Paguyuban Kampung Intaimelyan.

Dalam pertemuan tersebut Kanit Binmas Polsek Skanto Ipda Andi Alimin menghimbau sekaligus membahas tentang giat siskamling yang mulai kendor untuk digiatkan kembali agar para pelaku tindak kejahatan terutama pencurian bisa diminimalsir karna orang mencuri tergantung pada niat dan kesempatan walupun ada niat tapi tidak ada kesempatan karna ada orang jaga pos kamling niscaya dia gagal bertindak untuk melakukan perbuatannya untuk mencuri.

“Sebenarnya banyak sekali manfaat dari jaga malam siskamling diantaranya mencegah pencurian, bisa bertindak lebih cepat apabila ada insiden kebakaran, memberikan pertolongan kepada warga yang emergensi dimalam hari dan lain lain,” jelasnya.

Ia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat dan para tokoh untuk berperan menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat  dengan menjaga Toleransi Antar Umat Beragama menjelang Natal dan Tahun Baru 2017.

“Jangan mudah terpancing isu – isu yang menyesatkan kerukunan antar umat beragama, suku ras dan golongan. Mari kita saring setiap informasi yang kita dapat dengan selalu berkoordinasi agar tidak terjadi kesalahan dalam menafsirkan berita yang sengaja di tebar untuk perpecahan keharmonisan kita dalam bermasyarakat dan menjadi warga negara yang baik dengan tetap menjaga norma adat istiadat serta sadar dan patuh hokum,” pungkasnya.

Kapolres Keerom AKBP Simon Sahureka saat di konfirmasi melalui telpon seluler mengatakan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kerjasama dalam menjaga Kamtibmas diwilayahnya.

“Polisi tidak akan dapat menciptakan situasi yang tertib dan aman dalam suatu lingkungan masyarakat tanpa adanya kemauan dan kesadaran dari masyarakat itu sendiri, akan pentingnya suasana yang aman dan tertib,” jelas Kapolres. (Polda Papua)

Admin Polri56608 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password