Aksi Unjuk Rasa Karyawan PT. Freeport, Kapolda Papua Tinjau Langsung ke Lokasi

tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Polewa Mimika- Ribuan karyawan PT.Freeport Indonesia (PT.FI) yang tergabung dalam Privatisasi-Kontraktor Gerakan solidaritas peduli Freport yang dipimpin oleh koordinator demo Virgo Solossa melakukan aksi unjuk rasa dikantor Bupati Mimika, Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw langsung hadir ditengah karyawan yang menyampaiakn aspirasinya,Jumaat 17/02/2017.

Para pendemo yang bwrada di lapangan kantor Bupati Mimika diterima langsung oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen Hinsa Siburian.

Dalam aksinya massa mengancam akan akan melakukan konsulidasi besar-besaran, apabila aspirasi mereka tidak di jawab. Ancaman itu dilontarkan para pengunjuk rasa, lantaran masih aktif membayar pajak dari gaji yang diterima dari PT. Freeport indonesia.

“Negosiasi antara pemerintah dan Freeport silahkan dilakukan dengan cara yang elegan dan bermartabat, tapi jangan korbankan kami karyawan,” ungkap Virgo Solossa dalam orasinya. Virgo menuturkan, terkumpulnya massa hingga ribuan orang ini, tak lepas dari partisipasi rekan-rekan sesama karyawan PT.FI yang libur dan juga yang telah di PHK.

“Seluruh karyawan PT. FI sepakat untuk mendesak pemerintah segera menerbitkan surat ijin ekspor PT. FI. Sudah satu bulan ini karyawan belum mendapat kepastian. Bahkan managament PT. FI juga telah melakukan PHK kepada karyawan sebayak 136 ribu lebih dan ini akan tetap berlangsung apabila tidak ada kejelasan dari pemerintah,” tuturnya.

Virgo mempertanyakan keberadaan pemerintah, yang mana seakan tengah tertidur dan mengabaikan nasib para karyawan. “Pemerintah pusat tak boleh membiarkan hal ini terus terjadi, jangan permainkan kami,” katanya.

Dalam orasinya, Virgo menjelaskan, sejak tanggal 19 Januari 2017, PT. FI tak lagi mengekspor konsentratnya dan juga tidak dapat mengirim 40 persen ke Smelter Gresik di Jawa Timur.

Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, yang berada bersama para pegunjuk rasa memberikan apresisasi kepada pengunjuk rasa yang bisa menjaga keamanan bersama.

Kapolda menyampaikan agar seluruh karyawan yang ada di sini bisa berdoa bersama, dengan harapan pemerintah akan membantu untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di Mimika.
“Saya sudah laporkan masalah ini kepada Kapolri dan pemerintah pusat akan menyelesaikan masalah ini. Kita berharap masalah ini segera diselesaikan dalam waktu dekat,” tandasnya.

Penulis : sosrapapua
Editor : Iqbal96

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password