Tangkap Komplotan Pencuri, Kapolres Mimika Laksanakan Konferensi Pers

tribratanewspapua.com Polda Papua, Timika – Tim Khusus (Timsus) Polres Mimika dan Tim Opsnal Polres akhrinya membekuk dua Narapidana yang kabur dari Lembaga pemasyarakatan Kelas II B Timika, AM dan FA yang kemudian bergabung dengan dua rekan residivis lainnya WJ dan RA bersama barang bukti 12 unit kendaraan bermotor.

Terkait penangkapan tersebut, Kapolres Mimika Akbp Victor D Mackbon, SH, SIK, MH, MSi melaksanakan Konferensi Pers di Kantor Palayanan Polres Mimika, Kamis (16/2/2017) siang.

Kapolres menuturkan, dua narapidana dengan kasus penganiayaan dan kasus pencurian tersebut setelah melarikan diri dari lapas keduanya kembali melakukan aski kejahatan pencurian motor disertai tindak kekerasan.

“Dari keempat pelaku, dua diantaranya merupakan Residivis tindak kejahatan Pencurian motor dengan kekerasan yang telah beberapa kali masuk ke dalam Rutan dan kabur dari lapas. Karena berupaya kabur saat di amankan FA yang merupakan Residivis di tembak di bagian kaki,” jelas Kapolres.

Lanjut Kapolres, Polisi menagamankan keempat pelaku pada saat hendak bertransaksi menjual motor hasil curian di lokasi yang berbeda yakni, Sarana Pemukiman (SP) 3 dan Kampung Utikini.

“Dalam aksinya, komplotan resodivis curanmor ini berkasi di beberapa titik di pingiran kota Timika yakni di SP3 Kampung Karang senang, Kota Timika dan Kampung Utikini Baru Sp 12,” ujar Kapolres.

Kapolres menjelaskan, para pelaku yang merupakan jaringan pencurian ini sudah melakukan pencurian sejak 2012 hingga 2017 ini sehingga total kendaraan hasil kejahatan komplotan ini sebanyak 45 unit kendaraan bermotor.

“Berdasarkan keterangan para tersangka hasil kejahatan tersebut kemudian dijual dengan harga berkisar satu hingga dua setengah juta Rupiah per unit dan sebagain besar kendaraan tersebut didapati saat operasi multi sasaran yang mana tidak dilengkapi surat-surat kendaraan maupun sitaan dari tangan penadah,” pungkasnya.

Kapolres kemudian menghimbau warga yang merasa kehilangan kendaraan bermotor agar mengecek kendaraan bermotor dengan membawa surat-surat kendaraan untuk memastikan kepemilikan kendaraan bermotor tersebut di Polres Mimika.

Atas perbuatanya, keempat pelaku tersebut diancam Pasal 363 ayat 1 KUHP tindakan pencurian dan kekerasan.

Penulis  : Hempy

Editor    : Sosra

Publish  : Rein

Admin Polri56695 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password