2 Senjata Rakitan Kembali Diserahkan Suku Anak Dalam Jambi Kepada Polisi

tribratanews.polri.go.id – Polda Jambi, Kepolisian Sektor Bangko, Resort Merangin, Jambi, kembali menerima dua buah senjata api rakitan jenis kecepek dari warga suku anak dalam (SAD), Rabu (15/2/17) pukul 15.30 WIB.

Penyerahan senjata api panjang aktif jenis kecepek ini yang diserahkan oleh oleh tumenggung PAJANG kepada Kapolsek Bangko Iptu Didih Engkas, yang bertempat di camp warga suku anak dalam tepatnya di kebun sawit milik H. Sargawi Desa Sei Ulak Kecamatan Nalo Tantan Kabupaten Merangin

“Kami sangat menyambut baik dan berterima kasih atas kesadaran warga suku anak dalam yang menyerahkan kepada kami, dan kami berharap ini juga dilakukan oleh warga masyarakat lainnya,” jelas Kapolsek.

Lebih lanjut, Iptu Didih Engkas mengaku sangat berterima kasih kepada warga suku anak dalam (SAD) yang dengan sukarela menyerahkan senjata api rakitan jenis kecepek milik mereka yang biasa digunakan untuk berburu.

Untuk itu, Kapolsek Bangko juga menyampaikan kepada warga suku anak dalam,untuk secara perlahan lahan dapat meninggalkan kebiasaan berburu dalam memenuhi kebutuhan ekonominya, dan mulailah untuk bercocok tanam karena penggunaan senjata api sangat berbahaya.

“Jika terbukti dan tertangkap menyimpan atau menguasai senjata tersebut maka bisa dijerat dengan Undang-undang Darurat dan bisa diancam pidana 20 tahun penjara,” Jelasnya.

Kapolsek Bangko Iptu Didih Engkas mengatakan, penyerahan senjata api dilakukan warga suku anak dalam menyusul himbauan Kapolres Merangin kepada masyarakat pemilik senjata api atau kecepek agar menyerahkan barang tersebut kepada polisi dengan sukarela.

baca juga : Dengan Sukarela Suku Anak Dalam Jambi, Serahkan Senjata Api Rakitan Kepada Polisi

“Saat ini sudah ada 4 (empat) senjata api panjang aktif jenis kecepek yang diserahkan oleh warga suku anak dalam (SAD) kepihak kepolisian Sektor Bangko,” katanya

0957c2d1-5be9-4776-8de6-9c8618a6fc3b

“Ini dilakukan dalam rangka menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif, khususnya di Kabupaten Merangin,” imbuhnya lagi.

Ditempat terpisah, Kepala Kepolisian Resort Merangin AKBP Aman Guntoro,S.IK menghimbau kepada warga yang masih memiliki atau menyimpan kecepek segera menyerahkan kepada pihak kepolisian

“Pemilik tidak akan terkena proses hukum jika penyerahan dilakukan secepatnya. jika warga merasa sungkan atau takut menyerahkan kepada anggota kepolisian, bisa menitipkannya kepada kades atau perangkat desa setempat,” tutupnya.

Penulis : Solihin

Editor : Kang Iqbal

Publish : Indra Gunawan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password