Longsor di Kediri : Fenomena Tanah Retak Ancam Permukiman

Tribratanews.polri.go.id – Polres Kediri Kota, Curah hujan tinggi yang mengguyur kawasan Gunung Wilis dan sekitarnya tidak hanya menyebabkan terjadinya tanah longsor di wilayah Dusun Kalibago, Desa Kalipang, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri.

Di lokasi sama, muncul fenomena tanah retak yang mengancam permukiman warga .

Fenomena tanah retak ini terjadi di perbukitan yang menjadi tempat hunian masyarakat. Retakan tanah sepanjang kurang lebih 15 meter membentang diantara permukiman warga.

Menurut Agustinus Gampang, salah seorang warga setempat, fenomena ini muncul tiga tahun terakhir. Tanah di halaman rumahnya hingga ke bagian teras rumah tiba-tiba retak. Retakan tanah ini terus bertambah hingga ke halaman rumah tetangganya.

“Kami sudah berusaha menutup retakan menggunakan urukan tanah, tetapi jika hujan turun retakan terbuka kembali. Tentunya sangat mengkhawatirkan, karena bisa terjadi tanah longsor,” kata Agustinus Gampang, Rabu (15/2/2017).

Akibat fenomena ini, warga merasa ketakutan, terlebih saat hujan deras turun. Mereka khawatir retakan tanah berubah menjadi bencana tanah longsor. Mengingatkan lokasi hunian disini berada di lereng bukit dengan bangunan rumah yang bersap-sap.

Untuk diketahui, lebih dari 300 kepala keluarga (KK) bermukim di kawasan rawan bencana Dusun Kalibago ini. Sebelumnya,  tanah longsor sempat menerjang lima unit rumah warga, namun tidak sampai menyebabkan kerusakan . warga berharap pemerintah segera turun tangan

Penulis : NANANG
Editor : Iqbal96
Publish : DIDIK (Res Kdr Kota)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password