Catatan Wawan Setiawan : Jeff Bezos, dari Penjual Buku Online Sampai ke Bisnis Penerbangan luar angkasa

Kita tentu tidak asing dengan nama Amazon, yang pada awalnya adalah toko buku online. Namun Amazon terus berkembang menjadi e-commerce online shopping. Saat ini portal Amazon menyediakan fasilitas jual beli banyak produk, tidak hanya buku saja. Jeff Bezos sang pendiri juga telah menjadi billionaire Forbes. Pada masanya, membeli buku online, atau e-commerce ada kompetisi antara Amazon dan Barnes and Noble, tapi tampaknya Amazon yang lebih berkembang.

Perkembangan Amazon ini luar biasa, karena mampu merubah cara seseorang untuk berbelanja, tidak hanya buku saja, tapi banyak produk. Tidak puas hanya sebagai portal e-commerce, Jeff Bezos juga menjadi pelopor Cloud Computing dengan Amazon Web Services, dan saat ini masih menjadi market leader berkompetisi dengan Microsoft dan Google.

Cloud Computing memang bisnis masa depan, karena di masa depan semua akan di cloud, tidak heran Microsoft dan Google juga masuk ke bisnis cloud. Namun yang membuat saya kaget adalah Jeff Bezos membuat bisnis Blue Origin, Blue Origin adalah bisnis Bezos untuk menerbangkan tourism ke luar angkasa atau ke ISS. Bisnis ini bukannya bisnis baru yang tanpa pesaing, karena Elon Musk juga membuat bisnis yang sama dengan brand SpaceX dan Yuri Milner membuat  bisnis yang sama dengan brand Sputnik atau Sir Richard Branson yang juga membuat Virgin Galactic. Namun saat ini yang paling siap adalah Space Adventure yang telah mengirimkan diantaranya billionaire Dennis Tito, Charles Simonyi ke luar angkasa menggunakan Soyuz Russia. Khusus Charles Simonyi, Charles melakukan penerbangan ke luar angkasa dua kali.

Harga pemakaian Soyuz memang masih mahal, ditaksir kira kira usd 50 million, sedangkan SpaceX, Blue Origin, ataupun Sputnik akan menawarkan jasanya di kisaran usd 100.000-300.000. Namun saat ini yang siap hanya Space Adventure yang menggunakan Soyuz, sedanfkan SpaceX, Blue Origin, Virgin Galactic, dan Sputnik masih dalam tahap uji cova.

Jeff  Bezos rupanya telah bertranformasi, dari pebisnis online e-commerce menjadi pebisnis teknologi futuristik Blue Origin. Tak salah memang kalau ada yang menyebut Jeff Bezos adalah Steve Jobs-nya Silicon Valley setelah Steve Jobs CEO Apple meninggal.

Bezos tidak hanya menjadi leader di business cloud computing saja, tapi juga menjadi salah satu leader di bisnis tourism luar angkasa,

thanks and regards
wawan@baliooo.com
PT. Indomaya Wira Sejahtera
Creativity, the real power to change the world

Admin Polri54172 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password