Mengintip Ketangguhan Bripka Devia Irawati, Si Wonder Women dari Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Meski menjadi Polwan satu-satunya di Polsek Karangan Polres Trenggalek, Bripka Devia Irawati, SH tak pernah berkecil hati. Ibu dua anak ini selalu menolak jika diperlakukan berbeda apalagi karena statusnya sebagai polisi wanita.

“Pasti bisalah, kan dapat ilmunya sama, kerjanya juga sama, asal jangan disuruh angkat lemari aja”, ujarnya berkelakar.

Menurutnya apa yang bisa dilakukan oleh seorang Polki (sebutan dari Polisi laki-laki) pasti juga bisa dilakukan oleh seorang Polwan. Sehari-hari ia bekerja sebagai salah satu staf di Polsek Karangan Polres Trenggalek yang lebih banyak ditugasi hal-hal yang berbau administrasi. Meski demikian, saat ada kegiatan operasional ia berupaya ikut.

Beberapa kali tribratanews.polri.go.id memergoki Polwan satu ini ikut mengatur lalu lintas ditengah teriknya panas matahari, bahkan beberapa pengamanan kegiatan masyarakat ia juga terlihat aktif di sana.

“Justru kalau Polwan itu lebih soft, lebih lembut. Jadi efektif menenangkan massa”, ucap Polwan yang suaminya berdinas sebagai anggota Satreskrim Polres Trenggalek ini.

Hari ini pun, Polwan cantik itu terlihat terlibat dalam patroli yang dilakukan bersama anggota Polisi lainnya. Devia juga nampak menikmati kegiatan patroli dengan sasaran pusat keramaian, perbankan dan objek vital, Rabu (15/02).

“Bukan soal emansipasi, tapi ini kesempatan para Polwan membuktikan jati diri bahwa mereka mampu berkontribusi bagi Kepolisian seperti layaknya para Polki”, tegas Devia yang juga pernah berdinas di Satlantas Polres Trenggalek ini.

Saat ditanya tentang perlakuan rekan kerjanya yang mayoritas laki-laki, Devia menuturkan, semua mendukung dan menempatkannya sesuai porsi kerja tanpa membedakan gender. “Dukungan dari Kapolsek dan rekan Polki sangat baik, tidak pernah membeda-bedakan”, jelasnya.

Dalam kesempatan wawancara tersebut, Devia berharap para Polwan diberikan kesempatan lebih untuk membuktikan kemampuan mereka.

“Polwan tidak harus di belakang meja, tapi juga bisa ditempatkan dioperasional. Dan sudah banyak yang membuktikan itu”, pungkasnya.

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password