ILEGAL LOGING MASIH MARAK DI KALTIM : Polres Tarakan Tangkap Dua Pelaku

POLDA KALTIM – Selasa (20/12/2016). Personel Sat Reskrim Um Polres Tarakan berhasil menangkap 2 (dua) orang yang merupakan Pelaku Tindak Pidana Illegal Loging .

Dalam penangkapan tersebut unit reskrim polres tarakan menangkap 2 (dua ) orang tersangka kasus ilegal loging berinisial MS dan JP beserta barang bukti di amankan dari ke 2 tersangka berupa 1 unit truk toyota dyna berwarna merah dengan no pol KT 8509 FZ, unit pick up L 300 warna hilam dengan No pol KT 8871 FB, 3 ( tiga ) kubik kayu, dan 100 (seratus) Batang kayu Log.

Penangkapan Berdasarkan informasi dari masyarakat, bahwa di Kawasan Bertempat di Pamusian (Tempat Pembongkaran Batu Dan Besi) Kelurahan Pamusian Kecamatan Tarakan Tengah Kota Tarakan sering terjadi Tindak Pidana Illegal Loging, untuk menindak lanjutin laporan tersebut kasat reskrim polres tarakan AKP Satya Chusnur Ramadhana membentuk tim khusus untuk melakukan penangkapan terhadap para pelaku ilegal loging.

Illegal logging dapat disebabkan oleh beberapa hal: pertama, tingginya permintaan kebutuhan kayu yang berbanding terbalik dengan persediaannya. Dalam kontek demikian dapat terjadi bahwa permintaan kebutuhan kayu sah (legal logging) tidak mampu mencukupi tingginya permintaan kebutuhan kayu. Hal ini terkait dengan meningkatnya kebutuhan kayu di pasar internasional dan besarnya kapasitas terpasang industri kayu dalam negeri/konsumsi lokal.

Tingginya permintaan terhadap kayu di dalam dan luar negeri ini tidak sebanding dengan kemampuan penyediaan industri perkayuan (legal logging). Ketimpangan antara persediaan dan permintaan kebutuhan kayu ini mendorong praktek illegal logging di taman nasional dan hutan konservasi.

Terhadap Tersangka disangkakan pasal 12 huruf e jo. Pasal 83 ayat 1 huruf b UU RI No. 18 tahun 2013 ttg pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan.

“ Barang bukti dan kedua pelaku sudah diamankan ke Polres tarakan guna dilakukan penyidikan”, ujar Satya Chusnur Ramadhana.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password