Pilkada 2017 di Tolikara Papua: Tidak Ada Petugas PPS Pemungutan Suara di TPS Karubaga Ditunda

tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Polres Tolikara – Pemungutan suara yang seharusnya dilaksanakan pada hari ini Rabu tanggal 15/02/2017 akhirnya ditunda, pada hari kamis 16/02/2017 Karena ketidaksiapan petugas penyelenggara di lapangan.

Warga yang sudah berada di TPS sejak pagi hari, namun belum bisa menyalurkan hak suaranya dikarenakan petugas PPS tidak berada ditempat.

Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw yang tiba di Karubaga Tolikara langsung mendatangi TPS yang berada di lapangan Merah Putih tersebut. Disana Kapolda yang didampingi Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM. Kamal, Danrem 172/PWY, Kolonel Inf. Boni Pardede, Sekda, KPU dan Panwas setempat langsung menggelar pertemuan bersama ketiga kandidat guna penyelesaian masalah ini.
Dari pertemuan itu akhirnya disepakati untuk pemungutan suara khusus di TPS Karubaga diundur besok pagi.

Kabid Humas yang dikonfirmasi mengatakan “setelah pertemuan dengan penyelenggara Pilkada bersama pemerintah dan ketiga pasangan calon disepakati untuk pencoblosan di TPS Karubaga diundur besok pagi,” ujar Kabid Humas.

Diundurnya pemungutan suara karena tidak adanya petugas PPS, mereka tidak hadir di TPS karena persoalan Surat Keputusan (SK) petugas PPS yang masih bermasalah, SK mereka belum ditandatangani sehingga mereka tidak datang. Saat ini Panwas Tolikara sudah memberikan rekomendasi dan meminta KPU untuk persiapkan penyelenggara di tingkat karubaga saja. Jadi siapkan TPS, besok jam 7 akan dilaksanakan Pemilihan.

Lanjut Kabid Humas saat ini dari total 582 TPS ada 4 TPS (termasuk TPS Karubaga-red) yang berada di kota Karubaga akan melakukan pemilihan secara nasional. Sementara lainnya tetap menggunakan sistem noken.

Adapun tiga kandidat yang bertarung dalam pesta demokrasi lima tahunan di kabupaten Tolikara yakni, pasangan nomor urut 1, calon petahana Bupati, Usman Wanimbo – Dinius Wanimbo, nomor urut 2, Amos Jikwa – Rebecca Enembe, nomor urut 3, Jhon Tabo – Barnabas Wea.

Penulis : Sosrapapua
Editor   : Iqbal96
Publish : Sosrapapua

Admin Polri55507 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password