Kesiapan Polda Kaltim dalam Mengantisipasi Imbangan Pengamanan Pilkada

Tribratanews.polri.go.id BALIKPAPAN – Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim tetap melakukan siaga satu di hari Libur Nasional Pilkada Serentak pada Rabu (15/2/2017), kendati di Katim dan Kaltara tidak ada pemilihan gubernur maupun bupati/walikota.

“Meskipun hari libur Polda Kaltim beserta jajarannya tetap melaksanakan apel seperti hari kerja biasa. Apalagi ini bertepatan Pilkada serentak, Polda Kaltim berlakukan siaga 1. Ini sesuai perintah Bapak Kapolri,” kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana, Rabu (15/2).

Bidpropam-Polda-Kaltim-Siaga
Personil Bidpropam Polda Kaltim saat melaksanakan apel siaga satu di Mapolda Kaltim, Rabu (15/2)

Dikatakannya, siaga 1 itu dalam rangka menjamin kesiapan satuan Polri  dalam Pengamanan pemungutan suara Pilkada Serentak tahun 2017 serta mengantisipasi terjadinya peritiwa kontijensi konflik sosial yang memerlukan kesiapan satuan yang berkekuatan cukup dan siap bergerak dengan cepat.

Dit-Intelkam-Polda-Kaltim-Siaga
Personil Ditintelkam Polda Kaltim saat melaksanakan apel siaga satu di Mapolda Kaltim, Rabu (15/2)

Menjalani profesi sebagai anggota kepolisian, jelas Kombes Pol Ade Yaya Suryana, sudah barang tentu mempunyai segudang tanggung jawab yang harus diemban. Selain bertugas menjaga keamanan wilayah yang menjadi tanggung jawabnya, menghadapi kriminal yang terjadi sehari-hari merupakan kewajiban bagi anggota kepolisian.

“Itu sudah kewajiban dan tanggung jawab kami sebagai anggota Polri,” kata Ade Yaya Suryana.

Ditreskrimsus-Polda-Kaltim-Siaga
Personil Ditreskrimsus Polda Kaltim saat melaksanakan apel siaga satu di Mapolda Kaltim, Rabu (15/2)

Terkait pengamanan Pilkada Serentak 2017, Polda Kaltim telah mengirimkan 6 Satuan Setingkat Kompi (SSK) pasukan Brimob Polda Kaltim pada Rabu malam (8/2/2017) untuk di BKO-kan ke Polda Metro Jaya. Personel ini kini sedang bertugas untuk memperkuat pengamanan Ibukota terkait pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta pada Rabu,15 Februari 2017.

Sebanyak 6 SSK personel Brimob yang dilepas oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin itu berasal dari 200 personel Den C Pelopor Tarakan,  200 personel dari Den B Pelopor Samarinda,  220 personel dari  Den A Pelopor Balikpapan dan 50 personel dari Detasemen Gegana.

penulis: Humas Polda Kaltim

editor: Iqbal96

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password