Bina Nelayan untuk Peduli Laut, Sat Polair Polres Bone Ajar Masyarakat Gunakan Bubu

Tibratanews.polri.go.id – Bone Sulsel, Salah satu warga yang berdomisli di Desa Buarengnge Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone yang bernama Elka Jamal, 35 tahun yang berprofesi sebagai nelayan pernah mendapat pembinaan dari personil Sat Polair Polres Bone karena kedapatan menangkap ikan di laut dengan menggunakan jaring trawl.

Seperti yang diketahui, jaring trawl ini tidak boleh digunakan karena dapat mengganggu dan merusak produktivitas dan habitat biota pada dasar perairan di mana dasar perairan adalah habitat penting di laut karena terdiri dari ekosistem terumbu karang, lamun, dan substrat pasir atau lumpur.

Tidak hanya itu menangkap ikan dengan menggunakan trawl sangat tidak sesuai dengan hasil tangkapan karena dapat juga menangkap ikan yang masih kecil – kecil sehingga tidak dapat berkembang biak menghasilkan individu baru.

Lelaki Jamal ini mendapat perhatian dari Kepolisian Resort Bone khususnya Personil Sat Polair yang dipimpin oleh Kasat Polair AKP Armin Sukma mengunjungi kediaman lelaki Elka Jamal dan mengucapkan terima kasih karena kini sudah meninggalkan kebiasaaannya menggunakan trawl dan sekarang menangkap ikan dengan menggunakan alat tangkap ramah lingkungan yaitu bubu, Selasa (14/2/17).

AKP Armin menuturkan bahwa hal ini sejalan dengan salah satu tugas pokok Sat Polair Polres Bone yaitu pembinaan masyarakat pesisir, harapan kami dengan pola pembinaan seperti ini masyarakat nelayan yang semula menangkap ikan dengan menggunakan jaring troll akan meninggalkan pola tersebut dan menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan salah satunya adalah Alat tangkap bubu.

Penulis : Daus17

Editor : Kang Iqbal

Publish : Abu Uwais

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password