Jurus Ampuh Ciptakan Lingkungan Aman

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Sambang desa merupakan sebuah kewajiban bagi Bhabinkamtibmas di manapun bertugas. Sambang desa bertujuan untuk mengenal serta mengidentifikasi tiap permasalahan yang ada di desa tersebut. Dari pemetaan masalah baru kemudian dirumuskan solusi dan pemecahan masalahnya. Bisa Bhabinkamtibmas sendiri selaku penanggungjawab bidang Kamtibmas, ataupun bersama-sama 3 pilar agar penyelesaian bisa benar-benar komprehensif.

Sambang desa tak harus formal layaknya rapat atau kunjungan resmi. Dalam suasana santai, akrab dan apa adanya lebih mengena masyarakat. Bhabinkamtibmas jajaran Polres Trenggalek mempunyai banyak cara untuk mendekatkan diri dengan masyarakat di desa binaannya.

Beragam cara dilakukan oleh para Bhabinkamtibmas di jajaran Polres Trenggalek dalam rangka cipta Kamtibmas kondusif

79b1afc7-493b-4e2a-ab06-aedda03d15ed c5a6685b-0338-4686-ac73-abe26d542ba9 d49508f8-0ede-4638-be1b-c7c6581c9934 e3ab2260-bcf8-459e-bbb9-f818c7e773dbSeperti yang dilakukan Brigadir Rona, Bhabinkamtibmas Desa Sengon Kecamatan Bendungan ini. Ia melaksanakan sambang desa dan tatap muka dengan para petani di pinggir hutan. Obrolan ringan pun tercipta dengan sendirinya. Ia juga memanfaatkan pertemuan tersebut untuk menyampaikan pesan Kamtibmas agar selalu menjaga kelestarian alam. “Kebetulan ketemu di jalan. Ya menghimbau mencintai alam apalagi sering terjadi bencana”, ujar Rona yang juga merupakan anggota Polsek Bendungan Polres Trenggalek ini.

Sementara itu Aiptu Suheri, salah Bhabinkamtibmas Polsek Pogalan Polres Trenggalek ini juga melaksanakan sambang desa binaannya yakni Desa Ngulankulon dengan ngesot (duduk diteras tanpa alas) bersama masyarakat. Sedangkan Brigadir Heri Murtanto, Bhabinkamtibmas Polsek Panggul Polres Trenggalek ini lebih memilih ngobrol bersama ibu-ibu membahas tentang isu kenaikan sembako serta waspada penipuan berkedok penggandaan uang yang kerap terjadi di Trenggalek. Warga Desa Ngrambingan Kecamatan Panggul pun tampak gayeng saat membahas hal tersebut bersama Murtanto.

“Ibu-ibu lebih rentan menjadi korban penipuan”, ucap Murtanto singkat

Sedangkan Bripka Murtopo, seorang Bhabinkamtibmas Polsek Kampak Polres Trenggalek berdialog dengan Mandor Perhutani di Desa Ngadimulyo. Berbeda lagi dengan Brigadir Galih, Bhabikamtibmas Desa Bendoagung yang juga anggota Polsek Kampak Polres Trenggalek ini melaksanakan blusukan di pasar.

“Pasar itu pusat kegiatan masyarakat dari berbagai daerah dan bermacam-macam karakter serta profesi. Jadi bisa lebih efektif untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas”, timpal Galih.

Apapun itu, berbagai upaya yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas jajaran Polres Trenggalek ini merupakan sebuah niat tulus menjaga dan memelihara Kamtibmas kondusif disetiap jengkal wilayah Kabupaten Trenggalek.

Penulis : Ady
Editor : Iqbal96
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password