Mendekatkan Polri dengan Masyarakat, Kapolsek Biringkanaya Gagas Program 5P- SEDAYA

Tribratanews.polri.go.id – Makassar Sulsel, Rasa aman dan situasi lingkungan yang tertib dalam masyarakat merupakan kebutuhan bagi setiap individu, kelompok bahkan negara. Hal ini tentunya berpengaruh untuk menjaga terselenggaranya pemerintahan yang lancar. Menyadari akan pentingnya rasa aman dan adanya berbagai keterbatasan sumberdaya kepolisian, maka peran serta masyarakat sangatlah dibutuhkan guna membantu tugas-tugas kepolisian.

Paradigma Polri yang mengedepankan pendekatan kerjasama / kemitraan Polri dan masyarakat diharapkan dapat membangun citra Polri sebagai pelayan, pelindung, pengayom dan penegak hukum yang dicintai masyarakat. Upaya Polri dengan merangkul dan menjalin hubungan yang baik dengan seluruh lapisan masyarakat tentunya diharapkan dapat menjadi salah satu upaya guna memaksimalkan kinerja guna menciptakan situasi kamtibmas yang dinamis.

Dengan berbaur dekat kepada masyarakat, maka diharapkan masyarakat dapat memahami tugas pokok Polisi, sehingga masyarakat mampu berbuat dan bertindak untuk ikut mendukung terciptanya masyarakat yang aman, tertib, dan nyaman. Kemitraan dapat terwujud apabila adanya sikap proaktif Polri dalam melaksanakan pelayanan pelindung, pengayom dan penegak hukum dengan di dukung oleh masyarakat yang sangat peduli akan keamanan ketertiban yang merupakan tugas bersama Polri dan masyarakat sehingga tanggungjawab dapat dilaksanakan secara sinergi.

Untuk dapat merealisasikan kebijakan dalam Perpolisian masyarakat (Polmas) tersebut, Polri haruslah dapat merangkul seluruh elemen masyarakat. Sehingga semua lapisan masyarakat dapat saling bahu-membahu mendukung terciptanya keamanan dan ketentraman bersama. Demikian pentingnya peran Polmas dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan dalam masyarakat, yang di lakukan dengan membina hubungan baik antara Polri dan para tokoh-tokoh masyarakat yang ada dalam mengantisipasi gangguan keamanan yang mungkin terjadi akibat dari perselisihan atau sengketa dalam masyarakat tersebut.

Dengan terbinanya masyarakat untuk dapat mendukung tugas-tugas Polri di lapangan, maka persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia akan selalu terjaga dan terpelihara di samping terwujudnya kehidupan masyarakat yang aman, tenteram, dan damai sebagaimana yang diinginkan juga oleh masyarakat. Orientasi tugas kepolisian yang berwawasan kepada masyarakat perlu dipahami dan dipertimbangkan keberadaannya dalam tugas kepolisian mendatang.

Kerjasama dan mengaktifkan masyarakat untuk membantu menghadapi kejahatan dapat mengurangi kompleksitas beban tugas kepolisian. Sehingga diperlukan strategi kepolisian yang lebih mendekati harapan dari masyarakat. Tindakan kreatif perlu dilakukan oleh kepolisian dalam rangka mengajak masyarakat untuk mencegah kejahatan dilakukan dengan langkah-langkah yang terencana dengan baik.

Dalam rangka mencegah tindak kriminalitas, dengan melakukan pendekatan-pendekatan kepada seluruh unsur masyarakat dalam wilayah hukum binaan, maka Kapolsek Biringkanaya, Kompol Henki Ismanto meluncurkan Program 5P- SEDAYA.

“Dalam melaksanakan tugas, pokoknya kerap sekali bersentuhan dengan berbagai persoalan dan permasalahan di tengah-tengah masyarakat,” ujar Kompol Henki Ismanto.

Menurut dia, berbagai permasalahan tersebut harus dapat dikemas sebaik mungkin. Dengan demikian, agar tidak berdampak kepada persoalan kamtibmas.

“Selanjutnya program unggulan Polsek Biringkanaya ini akan memberikan gambaran tentang 5P-Sedaya yang memiliki makna 5 Program yaitu Polisi Sahabat Anda (PSA), Polisi Peduli Siswa/i (PPS), Polisi Bina Remaja (PBR), Polisi Sentuhan Hati (Polisi Sehati), dan Polisi Daya,” jelasnya.

Dikatakan Kapolsek ini, dengan banyaknya berbagai persoalan yang terjadi, khususnya di wilayah hukum Polsek Biringkanaya, maka dirinya membuat suatu terobosan kreatif dalam menciptakan harkamtibmas yang optimal. Hal itu dilakukan guna terpeliharanya situasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat,” lanjut mantan Kapolsek Tallo ini.

Kepala Polsek Biringkanaya Kompol Henky Ismanto mengaku, lima program itu sudah dijalankan di wilayah hukum Polsek Biringkanaya. Salah satunya, Program Polisi Sehati (Polsehati), dibuatkan khusus kotak di Mapolsek. Di kotak amal itu, tiap hari anggota menyisihkan uang seribu atau dua ribu rupiah, itu nantinya akan disumbangkan kepada warga yang tidak mampu.

“Lima program tersebut juga akan kami koordinasikan dengan pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar untuk sebuah kerjasama,” kata Kapolsek ini.

Kompol Henki Ismanto berharap, Program 5P-Sedaya ini kiranya dapat dirasakan oleh masyarakat dan manfaat dalam pelaksanaanya di lapangan. Harapan Kompol Henki Ismanto, masyarakat akan lebih dekat dengan polisi dalam bahu-membahu menjaga dan memelihara situasi lingkungan yang aman dan tertib.

Dia mencontohkan para pelajar dapat memahami hukum dan terhindar dari aksi kejahatan jalanan. Kata Kapolsek lagi, anak-anak atau remaja dapat mematuhi hukum dan aturan yang berlaku, agar tidak terlibat sebagai pelaku atau korban kejahatan.

“Kami dari Polsek Biringkanaya hadir kepada warga yang membutuhkan pertolongan,” tutup Kompol Henki Ismanto.

Kapolrestbaes Makassar, Kombes Pol Endi Sutendi memberi apresiasi besar kepada Kapolsek Biringkanaya terkait gagasannya yang menelorkan 5 (lima) program jitu menekan angka kriminal. Program Polsek Biringkanaya seperti, Polisi Sahabat Anda (PSA), Polisi Peduli Siswa (PPS), Polisi Bina Remaja (PBR), Polisi Sentuhan Hati (Polsehati), dan juga Polisi Daya (PD).

Kombes Pol Endi Sutensi mengungkapkan, setidaknya lima program yang saat ini dijalankan Polsek Biringkanaya itu bisa menjadi contoh terhadap polsek di jajaran Polrestabes Makassar.

“Ini program yang sangat bagus dan diharap bisa diikuti polsek lain, program ini tentunya menekan angka kriminalitas,” ucap Kapolrestabes Makassar beberapa waktu lalu.

Menurut Endi, program yang menyentuh ke masyarakat tentunya akan meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat pada wilayah polsek, jika dijalankan secara maksimal. Kapolrestabes mencontohkan, seperti Polisi Bina Remaja dan Polisi Sahabat Anda. Ini program yang memberi kepedulian kepada masyarakat, khususnya remaja yang saat ini butuh dilakukan pendekatan.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password