Pemilukada 2017 di Papua: Polres Jayapura Laksanakan Apel Pengecekan Personil H-1 Pengamanan Pemilukada Tahun 2017

tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Sentani – Polres Jayapura melaksanakan Apel Pengecekan Personil H-1 pengamanan Pemilukada Serentak Tahun 2017 yang dipimpin langsung Waka Polres Jayapura Kompol Tony Pantano. SH.S.IK dan Pamatwil Polres Jayapura Kombes Pol I Gede Sumertajaya. S.IK bertempat di halaman Mapolres Jayapura telah dilaksanakan, Selasa (14/2/2017) pagi.

Hadir dalam apel tersebut para Pejabat Polres Jayapura, Danramil Sentani Mayor Inf. Jhon Wakman, Wakaden A Brimob Polda Papua AKP S. Ahmad, Para perwira Polres Jayapura dan Keerom, 2 Pleton Bataliyon 751, 1 Pleton Koramil Sentani, 1 Pleton Brimob Polda Papua, 1 Regu Ton Tindak Polda Papua, 2 Pleton BKO Polres Kerom dan 4 Pleton Polres Jayapura yang akan melaksanakan serpas.

Wakapolres Jayapura Kompol Tony Pantano. SH. S.IK dalam arahannya mengatakan apel ini untuk pengecekan dan kesiapan personil. Untuk anggota Bataliyon 751 dilibatkan 20 personil akan di geser ke Unurum Guay dan 30 personil stanbay mako.

“Dari bataliyon akan didukung anggaran selama tiga hari dan BKO brimob akan didukung anggaran selama 10 hari sambil menunggu situasi kamtibmas pasca pemungutan suara nantinya. Untuk Koramil silakan bergabung dengan Polsek untuk melakukan pengamanan di daerah masing-masing distrik,” jelasnya.

Ia mengharapkan dalam bertugas anggota dapat menjaga keselamatan dan peduli dengan lingkungan, apabila terjadi apa-apa segera hubungi Pamatwil yang ada di wilayah masing-masing untuk meminta bantuan atau Kapolsek setempat terkait situasi kondisi yang ada di wilayah pengamanan.

Pemilukada 2017 di Papua Polres Jayapura Laksanakan Apel Pengecekan Personil H-1 Pengamanan Pemilukada Tahun 2017-

Sementara itu, Kombes I Gede Sumertajaya. S.IK selaku Pamatwil wilayah Polres Jayapura mengatakan, pengamanan kali ini adalah pengamanan pesta demokrasi yaitu masyarakat atau rakyat memilih pempimpinnya, aparat bukan penyelenggara pemilu tapi untuk pengamanan di TPS, jadi tidak boleh memutuskan sesuatu.

“Misalnya ada masalah di TPS kita tidak bisa mengambil alih karena disana sudah ada Panwas, KPPS, dan saksi-saksi. Apabila terjadi masalah silahkan panggil dan serahkan ke penyelenggara yang melaksanakan tugasnya apabila terjadi kecurangan,”  jelasnya.

Lanjutnya, yang sering terjadi masalah adalah pada saat penghitungan di distrik, karena dari TPS ke Distrik biasanya terjadi kecurangan-kecurangan maka disanalah harus ada pengawalan kotak suara sampai ke Kantor Distrik.

“Rekan-rekan harus jaga keselamatan diri, jangan sampai anda lengah. Kita tidak tahu situasi di wilayah Sentani, saya harapkan yang BKO jangan dilibatkan ke TPS tapi memback up di mako, melaksanakan pelayanan di mako. Yang ke TPS agar anggota yang sudah lama di Sentani,” pungkasnya.

Kombes Pol Gede juga meminta dalam pengamanan TPS tidak boleh membawa senjata api, cukup membawa tongkat atau alat pemukul lainnya serta mengajak anggota sebagai umat beragama agar berdoa supaya pelaksanaan Pemilukada di kabupatem Jayapura berjalan dengan aman dan tertib.

Setelah pelaksanaan apel dilanjutakan dengan pergeseran pasukan ke distrik Kemtuk Gresi, distrik Kemtuk, distrik Namblong, distrik Nimboran, distrik Nimbokrang, distrik Sentani timur, distrik Waibu, distrik Sentani Barat, distrik Ebungfauw dan distrik Sentani Kota.

Penulis  : Andi

Editor    : Kang Iqbal

Publish  : Rein

Admin Polri56607 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password