Redam Narkoba di Jogja, Anggota Binmas Sanden Rutin Berikan Penyuluhan

tribratanews.polri.go.id JOGJA – Unit Binmas Polsek Sanden bersama Puskesmas Sanden melaksanakan penyuluhan narkoba kepada pemuda-pemudi dan Ketua RT Dusun Kurahan II Murtigading, Sanden, Bantul. Kegiatan dilaksanakan di rumah Kepala Dusun Kurahan II Bpk. Haryanto, Sabtu tanggal (11/2/2017) malam.

Hadir dalam giat penyuluhan narkoba tersebut Kanit Binmas Polsek Sanden Iptu Tri Haryana, Kepala Puskesmas Sanden dr Anastasia Endar, Lurah Desa Murtigading Drs. Sutrisno, Bhabinkamtibmas Desa Murtigading Aiptu Sabari, Babinsa Murtigading Sertu Suharno, Ketua RT se-Dusun Kurahan II, pemuda-pemudi Dusun Kurahan II serta mahasiswa STTNas yang sedang KKN di Dusun Kurahan II.

Lurah Desa Murtigading Drs. Sutrisno mengatakan bahwa penyuluhan narkoba ini merupakan program kerja Pemerintah Desa Murtigading drngan menghadirkan narasumber dari Polsek dan Puskesmas Sanden. Dengan adanya penyuluhan ini pemuda-pemudi dan tokoh masyarakat menjadi tahu tentang jenis maupun bahaya narkoba sehingga mereka akan menjauhi narkoba, serta menjadi pelopor di lingkungannya dalam pemberantasan narkoba, harap Lurah Desa Murtigading, Drs. Sutrisno.

Kanit Binmas Polsek Sanden, Iptu Tri Haryana yang menjadi narasumber menjelaskan tentang pengertian narkoba, golongan narkoba, dampak serta trik menjauhi narkoba agar tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba. Iptu Tri Haryana mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjauhi segala jenis narkoba, apalagi para pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa.

Dampak negatif yang timbul akibat penyalahgunaan narkoba terhadap generasi muda diantaranya perubahan dalam sikap dan kepribadian, menjadi mudah tersinggung dan cepat marah, sering mengantuk dan malas, tidak memperdulikan kesehatan bahkan bila sudah kecanduan akan melakukan tindak pidana untuk membeli narkoba.

Dalam penanggulangan narkoba tidak hanya menjadi tangggungjawab polri saja tetapi tanggungjawab semua pihak, termasuk orangtua bersama keluarga, guru dan seluruh masyarakat. Upaya yang lebih konkrit dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba dapat dilakukan dengan bekerjasama dengan pihak berwenang untuk melakukan penyuluhan narkoba dan melakukan razia secara rutin. Yang tak kalah penting adalah drngan memberikan pendidikan moral dan keagamaan, karena salah satu penyebab generasi muda terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba adalah kurangnya pendidikan moral dan keagamaan, jelas Iptu Tri Haryana.

Sedangkan dr Anastasia Endar dari puskesmas Sanden menjelaskan dampak negatif narkoba dari segi kesehatan. Efek negatif dari narkoba dari segi kesehatan antaralain menyebabkan gangguan sistem saraf, gangguan jantung dan pembuluh darah, gangguan pada kulit, gangguan paru-paru bahkan dapat terinfeksi visru HIV dan AIDS, jelas dr Endar.

 

Penulis : Sihumas Sanden

editor : kang Iqbal

Publis : jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password