Banjir dan Tanah Longsor di Bitung Sulawesi Utara: Polisi Bantu Penanganan di Lokasi

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – Personel Polres Bitung dan jajaran turun ke lokasi musibah banjir dan tanah longsor sejak pagi, Minggu (12/02/2017). Dipimpin langsung Kapolres Bitung, AKBP Philemon Ginting, para personel terpantau melakukan penanganan awal dengan mengevakuasi warga beserta barang-barang dan membawanya ke tempat yang lebih aman.

Tidak hanya itu, personel jajaran Polres Bitung bersama TNI, BPBD dan warga juga mengeringkan genangan air di rumah-rumah penduduk menggunakan mesin, membersihkan saluran-saluran air yang tersumbat sampah serta mengangkat longsoran tanah dan pohon yang menimbun badan jalan.

IMG-20170213-WA0042
Banjir dan tanah longsor yang melanda beberapa wilayah di Kota Bitung disebabkan tingginya curah hujan sejak Minggu sekitar pukul 01.00 WITA. Setidaknya lima kelurahan di Kecamatan Aertembaga tergenang air dengan ketinggian antara 30-60 cm. Sedangkan tanah longsor terjadi di depan Kantor Pangkalan Pengawasan Perikanan, Kelurahan Aertembaga yang menyebabkan terputusnya akses lalu lintas untuk beberapa saat.

Data sementara diperoleh dari Polres Bitung, terdapat kerusakan rumah penduduk akibat musibah tersebut. Kelurahan Winenet Satu (1 rumah rusak, 40 rumah tergenang air); Kelurahan Winenet Dua (55 rumah tergenang air); Kelurahan Aertembaga Satu (120 rumah tergenang air); Kelurahan Aertembaga Dua (10 rumah rusak, 110 rumah tergenang air); Kelurahan Tandu Rusa (26 rumah rusak, 400 rumah tergenang air).

Sementara itu, terdapat dua warga yakni Onitje Kaingat dan Jeklin Tambanaung, yang menjadi korban tanah longsor. Keduanya tertimbun tanah namun berhasil diselamatkan oleh warga dan langsung dilarikan ke RSUD Manembo-nembo Bitung untuk mendapatkan perawatan intensif. Seorang warga juga dikabarkan hanyut dan masih dalam pencarian Tim SAR.

Penulis : Rony
Editor : Kang Iqbal
Publish : Rony

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password