Pilkada Brebes 2017, Kapolres Brebes Beri Perhatian Khusus Pengawalan Dan Pengamanan Logistik Pilkada

WhatsApp Image 2017-01-12 at 6.12.01 AM

Tribratanews.polri.go.id – Guna kelancaran distribusi logistik di Pemilukada Brebes, Polres Brebes melakukan pengawalan ketat pada armada pengirim logistik.  Dari setiap satu armada logistik mendapatkan dua pengawalan petugas yang melekat di armada logistik, dengan bersenjata lengkap.

Bahkan, Kapolres Brebes AKBP Luthfie Sulistiawan sebelum memberangkatkan pengiriman logistik, memastikan kelengkapan anggota yang berfungsi sebagaimana mestinya. Dari setiap satu armada ini dikawal dua mobil patroli kepolisian.

Kapolres Brebes Luthfie Sulistiawan  saat memantau  distribusi logistik Pilkada Kabupaten Brebes Minggu (6/2) di gudang KPU yang berada di GOR Sasana Adhikarsa Brebes, didampingi Kabag Ops Kompol Supriyadi, Kasat Intelkam AKP Sartono Sabhara AKP Guritno, dan Ketua KPUD Brebes Muamar Riza P.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Brebes mengatakan, sesuai ijin dari pimpinan, melakukan pengawalan dan pengamanan  dimasa tenang kampanye.

Ada tiga kegiatan utama yang dilakukan Polres Brebes, lanjut Luthfie, pertama adalah pengamanan tahapan kampanye, kedua adalah pergeseran logistik pemilu yang terdiri dari kotak suara, surat suara, surat rekap, tinta, alat pendukung dan sebagainya, ketiga adalah pelepasan alat peraga kampanye ( APK).

Untuk pengawalan melibatkan anggota bersenjata lengkap,disamping itu juga melibatkan polsek setempat untuk pengamanan di tingkat PPK.

Menyinggung masalah titik rawan pilkada Brebes, Kapolres menjelaskan, Brebes termasuk daerah dengan Indeks Kerawanan  Pemilu ( IKP) dinilai cukup tinggi dari rilis data Bawaslu Pusat baru-baru ini. Dari total 3.001 TPS di Brebes, hanya 31 TPS saja yang dinilai rawan 1.

Menurut Kapolres, sesuai SOP dari Mabes Polri TPS dinilai rawan bukan karena adanya gangguan kamtibmas tetapi karena jaraknya jauh dari polsek terdekat, kedua karena bencana alam  seperti longsor  dan banjir apalagi ditengah cuaca ekstrim akhir-akhir ini.

“Daerah rawan juga dapat dinilai karena daerah tersebut menjadi domisili  paslon Bupati dan Wakil Bupati  sehingga animo masyarakat atau partisipasi politik  warga sekitar cukup tinggi , kemungkinan terjadi gesekan cukup tinggi, maka dari itu kita tetap mewapadainya” kata Luthfie.

 “ Harapan jelas seperti masyarakat Brebes dalam memilih kepala daerah Brebes Lima tahun kedepan  dapat berjalan tenang  dan Kondusif. Meskipun IKP tinggi tetapi secara umum kondisi dilapangan kondusif, dan antusiasme masyarakat dalam pilkada harus tertib dan patuh hukum sehingga sampai pasangan Bupati dan Wakil Bupati  terpilih Brebes dalam kondisi aman terkendali,” imbuh Luthfie.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Brebes, Muamar Riza P. menjelaskan pihaknya mulai Minggu (6/2) melakukan distribusi logistik ke 17 Kecamatan (PPK) di Kabupaten Brebes.  “Dari PPK ini, kemudian akan dilakukan distribusi berjenjang sampai ke PPS dan sampai ke TPS sebelum H-1,” Kata Riza, saat ditemui di Gudang KPU Brebes di GOR Sasana Adhikarsa Brebes, Minggu Sore (6/2). (Hms)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password