Aipda Syarifudin Rumabara dan Kopda Paleme Diangkat sebagai Anak Adat Oleh Kepala Suku Kamoro Timika

tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Polres Mimika – Pengukuhan terhadap anak adat suku kamoro kampung Iwaka Timika Papua kepada Aipda Syarifudin Rumabara dan Kopda Paleme, Minggu 12/02/2017

Aipda Syarifudin Rumabara yang merupakan anggota Polres Mimika dikukuhkan dan diberi Marga Awiyuta, sedangkan Kopda Paleme yang merupakan anggota Detasemen Kavaleri diberi marga Kumiwo, keduanya dikuhkan oleh Bapak Kepala Suku Kamoro yaitu Bapak Noem Awiyuta dan Bapak Herman Kumiwo.

Pengangkatan anak adat suku kepada seseorang dari suku lain sering dilakukan oleh suku kamoro, karena siapa yang sering membantu masyarakat suku kamoro demi kemajuan suku kami, kami suku kamoro akan memberikan keistimewaan kepada orang tersebut dengan mengangkat menjadi anak adat suku kami, ungkap Bapak Noem Awiyuta saat mengawali sambutannya.

Dalam proses pengangkatan anak adat suku Kamoro dengan cara memberikan tongkat dan baju adat Kamoro, pengangkatan yang dilaksanakan di Kampung Iwaka Distrik Iwaka Timika dihadiri oleh Kapolres Mimika, Kapolsek Kuala Kencana, Pjs Dandem Kavaleri Timika, Kepala Imigarai Timika, serta Ketua Lemabaga Masyarakat Adat Bapak Nerius katagame.

baca juga: Kapolres Mimika Jadi anak Adat Suku Key

Kapolres Mimika Akbp Viktor Dean Mackbon dalam sambutannya mengucapkanterima kasih kepada bapak kepala suku dan masyarakat suku kamoro yang memberikan keistimewaan kepada anggota kami sebagai anak adat suku kamoro, untuk kedepannya semoga hubungan aparat TNI/Polri dengan masyarakat bertambah dekat demi menjaga kamtibmas di wilayah kab. Mimika khususnya di kampung Iwaka ini.

Pada kesempatan itu juga Kapolres memhimbau kepada seluruh warga timika khususnya masyarakat suku kamoro jangan ada yang mengkonsumsi minuman keras karena dengan mengkonsumsi minuman keras sangat merugikan tubuh kita dan kita tidak bisa mengkontrol pikiran kita sehingga kita tidak bisa membedakan mana yang salah dan yang benar.

Kapolres mengajak putra putri terbaik suku kamoro kampung iwaka yang berminat menjadi polisi silahkan datang ke Polres mimika untuk mendaftarkan diri, dalam waktu denta Polisi membuka penerimaan bagi putra putri Indonesia yang ingin menjadi polisi.

Penulis: Sosrapapua
Editor  : Kang Iqbal
Publish: Sosrapapua

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password