Gara-Gara Kancing Baju Tertinggal, Pelaku Pencurian Berhasil Diamankan Polisi Kediri Kota

Tribratanews.polri.go.id – Polres Kediri Kota – Tidak ada kejahatan yang sempurna, mungkin kalimat itu bisa dipedomani oleh para penjahat. Buktinya gara-gara kancing baju yang jatuh di rumah korban, Edi Purwanto (33) pelaku curat  warga Jl. Balowerti Kelurahan Balowerti Kecamatan Kota Kediri bisa diringkus buser Unit Reskrim Polsek Kota, Polres Kediri Kota dalam waktu singkat.

Petugas hanya membutuhkan waktu kurang dari 12 jam untuk menangkap pelaku yang melakukan pencurian di rumah   M Puger Sapto Utomo (43) PNS, warga  Jl. Diponegoro Kota Kediri .

Diantara barang yang berhasil digasak pelaku yang menyamar menggunakan pakaian perempuan dan berkerudung yang juga dicuri dari tetanggannya antara lain.

5 buah doos book HP , 5 lembar surat pembelian perhiasan emas. 1 buah kotak perhiasan warna merah untuk menyimpan perhiasan emas, 1 buah kalung munggo, 1 buah gelang rantai, 1 buah liontin gendang, 2 buah gelang cor keroncong, 1 penutup teko, 1 tablet merk samsung galaxy warna putih, 1 HP merk Sony Ericson Experia warna hitam, 1 HP merk Lenovo A6000,  1 HP merk Nokia 105, 1 HP merk samsung J2 dengan total kerugian kurang lebih Rp25.200.000

“Kronologis kejadian yakni pada hari Minggu (13/2) sekira jam 00.30 WIB ,  pelapor  pergi keluar dari rumah keperluan cari makan bersama istrinya. Pukul 01.30 , saat pelapor kembali mendapati jendela rumah dalam kondisi terbuka  dan ada bekas dibuka paksa. Saat dicek dan diinventarisir barang-barang banyak yang hilang. Atas kejadian tersebut pelapor melapor ke Polsek Kota Kediri,” kata Aiptu Tjatur Satrio, Kasie Humas Polsek Kota, Polres Kediri Kota.

Masih menurut Aiptu Tjatur, petugas yang mendapat laporan langsung  melakukan penyelidikan berdasarkan bukti petunjuk yang  ada.

“Sebetulnya  tersangka sudah antisipasi bahwa pasti terekam CCTV, makanya tersangka  melakukan pencurian dengan mengenakan  daster coklat yang diambil dari jemuran tetangga depan rumahnya, berikut handuk yang digunakan sebagai penutup kepala. Dan petunjuk tentang pelaku selain dari CCTV adalah saat petugas melakukan olah TKP menemukan sebuah kancing baju yg dibalut kain warna coklat  tergeletak di depan kulkas,” tambahnya.

Mendapati bukti mencurigakan , tim buser menanyakan kepada korban ternyata  korban tidak  merasa punya baju yang warnanya seperti kancing baju tersebut.

“Selain itu saat tim olah TKP  nencermati rekaman CCTV ternyata tdk asing lagi dengan  wajah pekaku meski ditutupi handuk dan juga mengenakan daster, sebab 5 bulan lalu pernah diamankan dalam kasus judi dan mencuri HP tetangganya. Dan yang paling menguatkan adalah saat dilakukan penggeledagan di rumah tersangka menemukan daster yang kancingnya persis dengan  yg kami temukan di TKP,” tandas Aiptu Tjatur.

Dijelaskan Aiptu Tjatur, meski  awalnya  tidak  mengakui dan menyatakan daster tersebut milik istrinya , namun setelah dicari informasi ternyata daster tersebut adalah  tetangga depan rumah  tersangka  yang hilang pada saat kejadian.

“Akhirnya tersangka tidak  bisa mengelak dan satu persatu barang bukti berhasil ditemukan dan  disembunyikan di berbagai tempat di dapur rumah termasuk alat yang digunakan melakukan kejahatan mencongkel jendela yakni  obeng. Saat ini tersangka sedang kita proses dan dijerat dengan pasal 363 ayat 1 ke 3e dan 5e KUHP,” pungkasnya-DIDIK (Res Kdr Kota)

“Bersama Menjaga Kamtibmas – KEDIRI MENANG”

#panjalujayati #RakyatbersamaPOLRI

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password