Hadapi Cuaca Ekstrim, Polres Karanganyar Gelar Latihan SAR Gabungan

IMG-20170212-WA0108

Tribratanews.polri.go.id – KARANGANYAR : Menghadapi cuaca yang ekstrim akhir-akhir ini, puluhan anggota Sat Sabhara Polres Karanganyar bergabung dengan Basarnas Surakarta, BPBD Kabupaten Karanganyar  dan beberapa relawan se-Karangayar hari ini melaksanakan latihan bersama SAR terbatas di Waduk Delingan Karanganyar, Minggu (12/02/2017).

Selain bertugas mencegah dan menangkal segala bentuk gangguan kamtibmas baik berupa kejahatan maupun pelanggaran serta gangguaan ketertiban lainnya, Fungsi Sabhara juga mempunyai tugas untuk melaksanakan SAR terbatas.

Kali ini, selain untuk mematangkan koordinasi dengan potensi SAR di Karanganyar, latihan ini difokuskan untuk untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan SAR. Selain itu latihan juga dalam rangka meningkatkan kemampuan tanggap darurat personil Polres Karanganyar terutama pada saat datangnya musim hujan seperti penyelamatan korban bencana alam oleh banjir, tanah longsor, kecelakaan di perairan dan lain-lain.

Kasat Sabhara Polres Karanganyar AKP Mardiyanto mengatakan latihan gabungan SAR terbatas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta kesiapsiagaan anggota dalam menghadapi bencana alam yang setiap saat datang tiba tiba.

Menurutnya, untuk dapat mewujudkan harapan dan kepercayaan masyarakat, diperlukan kompetensi yang baik dari pelaksana atau sumber daya manusia Polri, khususnya tugas yang diemban anggota Sabhara sebagai pengemban tugas SAR terbatas.

Kasat Sabhara menegaskan, bahwa Tim SAR Polres Karanganyar senantiasa siap siaga memberikan bantuan kepada masyarakat apabila terjadi bencana alam. “Kami siap memberikan bantuan SAR dalam penanggulangan bencana dan musibah lainnya yang dihadapi oleh masyarakat Karanganyar ,” tegas Kasat Sabhara.| Iswanez

Editor : Kang Iqbal Asik, 96

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password