Silaturahmi Kambtibmas Polres Lampung Barat di Kelurahan Way Mengaku

tribratanews.polri.go.id-POLRES LAMPUNG BARAT-Giat silaturahmi Kepala Kepolisian Resor Lampung Barat Ajun Komisaris Besar Polisi Andy Kemala,S.IK.M.M. didampingi waka polres lambar Komisaris Polisi Sukandar,SH, bersama Kepala Kepolisian Sektor Balik Bukit AKP Abdurahman,SH. Para Kasat, Kanit, dan kasi serta sejumlah perwira dan anggota bahbinkamtibmas setempat pada jumat 11/02 pukul 20.30 Wib S/D 23.00 wib dengan tema Giat Silaturahmi Kamtibmas untuk menciptakan rasa  kebersamaan dan persaudaraan guna mencegah konflik Sosial.

Hadir juga camat Balik Bukit Drs.Junaidi, para tokoh agama kelurahan way mengaku, lurah, dan aparat kelurahan setempat serta masayarakat kurang lebih 80 orang.

Kegiatan diawali Sambutan dari perwakilan tuan rumah Rohman mengucapkan, satu yang kita harapkan mudah mudahan dalam giat malam ini akan selalu terjalin ikatan persaudaraan sesama masyarakat satu dengan yang lainya terutama kabupaten lambar,”Ucapnya.

Sedangkan dari toko masyarakat Toipi menyampaikan, dengan silaturahmi yang di fasilitasi oleh Polres Lampung Barat menyambut baik dan antosias apa yang kita harapkan lampung barat ini menjadi kabupaten yang damai, terutama dalam tanggal 15 nanti mudah-mudahan akan terwujut masyarakat yang damai, siapapun yang terpilih nantinya itulah bupati kita dan mari kita dukung. itulah demokrasi yang kita junjung tinggi dilampung barat kususnya way mengaku aman dan kondusif,Ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga camat balik bukit Drs. junaidi menyampaikan, masyarakat kelurahan way mengaku mendukung dan bersedia bila saatnya untuk menjadi tempat pelaksanaan kegiatan silaturahmi  terlebih kegiatan ini sangat positif dan sangat baik.

ketika ada pertentangan antara keinginan kebutuhan denga situasi pada saat kondisi tertentu, kondisi pada waktu tertentu itu kalau tidak dikendalikan akan menimbulkan konflik. berhubung banyak masyarakat sosial tentu yang lebih berdampak ketika itu kanflik terjadi adalah pada masyarakat momentum kegiatan yang ada bisa menimbulkan konflik dan juga bisa tidak menimbulkan kon flik.

kegiatan nasional pemilukada gubenur dan bupati serentak pada  rabu 15/02 yang akan datang kita antisipasi tetapi hari lain juga harus kita antisipasi juga, bisa mungkin terjadi konflik akibat aktifitas sosial yang dilakukan dimasyarakat dalam kontek ini masyarakat way mengaku khusunya kita berharap,  bahwa masyarakat bisa mengambil posisi yang cerdas dan bisa memahami dan mengerti juga bisa mengendalikan diri terhadap apapun aktifitas dan kegiatan sosial di tingkat satuan pemungkiman masyarakat terendah sekalipun rukun tetangga, rukun warga, lingkungan maupun tingkat kelurahan hingga tingkat kecamatan.

menjaga situasi lebih dominan sangat tergantung bagai mana masyarakat bisa dewasa, kearipan-kearipan yang ada ditingkat satuan pemungkiman masyarakat lingkungan kelurahan way mengaku tentu bisa berbeda antara pemungkiman yang lain, perbedaan itu juga sangat tergantung dari karakter masyarakat yang ada dalam pemungkiman wilayah tersebut,”Tuturnya.

keaneka ragaman karakter, kebiasaan, adat cara yang berlaku pada pemungkiman wilayah terkecil itu merupakan kekayaan hasanah budaya maupun kebiasaan yang menjadi kebanggaan serta keunikan tersendiri karena perbedaan itu dipertentangkan atau dipaksakan untuk sama antara satu dengan yang lain kemungkinan situasi seperti itu konflik akan terjadi.

dalam konteks membangun kebersamaan sesuai dengan tema pada giat ini apa yang sudah di fasilitasi , dan apa yang sudah diprogramkan oleh polisi khusunya Polres Lampung Barat untuk sama-sama dengan kegiatan ini terhindar dari konflik, karena konflik itu sesunggunya bisa jadi dari internal bisa juga datanganya dari xsternal ketika itu terjadi satu diantaranya akan tergangunya kemanan ketertiban situasi kondisi pada satuan pemungkiman masyarakat.

pasti akan ada keterlibatan dalam hal tersebut, dari pihak polri akan mengambil peran nantinya ketika itu terjadi, oleh karena itu sebelum terjadi upaya pencegahan, membangun silaturahmi, kebersamaan, yang dilakukan pada acara ini sebuah kegiatan sangat positif untuk kita.

Hal-hal yang mungkin bisa menyebabkan konflik  horisontal sesama kita dan fertikal langsung menuju helarki keatas, kaitan itu semua kami percaya warga masyarakat, kita tidak akan terprofokasi kepada hal-hal yang tidak menguntungkan dan itu akan merugikan kita sendiri. bangun komunikasi, ikut juga memberikan pemahaman hal-hal yang positif baik sifatnya pembangunan, kegiatan kemasyarakat maupun kegiatan sosial keagamaan dilingkungan kita masing-masing cara itu warga indonesia yang baik,”Katanaya.

Sementara sambutan Perwakilan ketua MUI diwakili Pairozi S.ag., mengatakan, usaha yang dilakukan oleh Polres Lampung barat untuk mencegah sedini mungkin, secepat mungkin dan sebaik mungkin akan timbul adaya konflik ditengah masyarakat kita, kaitanya dengan agenda nasional dan khusunya kabupaten lampung barat.

Amanat beliau KH. Makruf Amin yang diamanatkan kepada seluruh ketua MUI tingkat Provinsi, Kabupaten dan tingkat kecamatan pertama berkaitan dengan pemilu kada pada tanggal 15 mendatang kita akan memilih pimpinnan kita untuk memimpin kabupaten lambar ini untuk menjadi lebih baik, tentram dan lebih maju dari yang sebelunya.

banyak kita melihat adanya sedikit gesekan-gesekan yang ada dimedia sosial maupun didalam masyarakat. tapi yang perlu kita perhatikan jangan sampai niat baik dalam pelaksanaan pemilukada ini tercoreng oleh perbuatan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. jangan sampai kita terpancing dengan suasana dan kita bisa mengendalikan dirikita sendiri.

Berkaita yang akan dilaksanakan tanggal 11/02 kami mendapatkan amanat bahwa sesungguhnya secara pribadi dan organisasi beliau KH Makruf amin telah memaafkan peristiwa itu dan tidak akan melanjutkan dalam bentuk apapun karena itu suaktuhal yang masih dalam taraf bisa dimaafkan.

lambar ini aman dan itu saya yakin merupakan cita-cita kita bersama khusunya kepolisian wilayah lambar semuanya menginginkan agar kita berhasil dengan baik, siapapun yang nanti akan menjadi pimpinnan kita itulah yang harus kita ikuti dan kita panuti sebagai calon bupati hanya 2 orang berati keduanya orang pilihan dan mempunyai cita-cita yang sama baiknya. karena dari misi masing-masing calon tidak ada yang menyatakan menghambat kabupaten semuanya memaparkan fisi dan misi masing-masing yang bertujuan yang baik, baik ekonomi, pendidikan dan yang lainya mari kita ciptakan suasana damai nyaman dan aman,”Tuturnya.

Arahan kapolres lampung barat AKBP Andy Kemala,S.IK.M.M. pada kesempatan malam ini kita ada program bahwa kepolisian RI khususnya polres lampung barat berupaya untuk mendekatkan kepada masyarakat dengan salah satunya program silaturahmi kamtibmas ini.

Dimana dengan silaturahmi kamtibmas ini menyambung persaudaraan dan mungkin bila ada permasalahan di masyarakat dapat kita selesaikan bersama. Polisi bukan suaktu sosok yang menakutkan tetapi polisi berusaha bagaimana memecahkan permasalah sosial ditengah masyarakat tujuan akhir wilayah kita ini aman, damai dan tentram.

Terkait masalah situasi yang ada kalender kamtibmas dimana ada beberapa kegiatan baik lingkup nasional daerah yang ada di wilayah hukum Polres Lampung Barat seperti pilkada tinggal menghitung hari saja tanggal 15/02 puncaknya pencoblosan.

Kita bisa amati di media telivisi bagai mana situasi yang ada di jakarta maupun ditempat lain situasi saat ini sangat dinamis sekali banyak permasalahan-permasalahan diwilayah kita harapan saya indonesia ini dari sabang sampai meroke tujuan dari pada pendahulu-pendahulu kita sama indonesia merdeka dan bisa menjaga negara kesatuan NKRI untuk mencapai kemajuan bersama.

Kegiatan seperti ini kami ambil waktu malam hari supaya tidak menggangu aktivita Masyarakat. Sekalian kami pengen kontrol daerah-daera tempat rawan mari kita jaga bersama-sama lingkungan kita, karen yang menjaga lingkungan kita bukan polisi saja tetapi kita semua yang menjaga situasi lingkungan kita.

Untuk diketahui jumlah personil polres lampung barat sebanyak 543 orang itu membawahi  2 kabupaten Lampung Barat dan Pesisir Barat. untuk lampung barat terdapat 15 kecamatan, dan Kabupaten pesisir barat ada 11 kecamatan. Lampung barat ada 3 polsek, untuk pesisir barat 4 polsek bahkan ada polsek yang membawahi 7 kecamatan yakni polsek belalau.

Pada kesempatan yang baik ini kami adakan progam safari kamtibmas ini untuk mengetahui permasalahan yang ada di masyarakat dan bagai mana cara untuk menyelesaikan masalah dari itu untuk mencari akar pemasalahan didalam pertemuan-pertemuan itu.

Kita ketahui budaya dilampung ini ada budaya istilah dengan rembug pekon, ajausilau, siskamling budaya-budaya seperti ini mari kita lestarikan.

 Mari kita tingkatkan koordinasi baik ditingkat pekon hingga kabupaten kita padu bersama-bersama dengan tokoh masyarakat aparat pekon dengan istansi pemerintah lainya seperti TNI dan Polri.

Harapan saya jangan mudah terpancing hasutan, isu, yang belum jelas asal usulnya. Didalam pembangunan ini tidak lepas peran serta dari pada masyarakat polri tidak mungkin bisa menjaga lingkungan tampa ada peran dari masyarakat.

Saya berharap kita bisa sinergi, negara kita negara hukum semua berdasarkan pada hukum dan aturanya yang harus dipatuhi. Bagi masyarakat yang ada disini bisa saling menyampaikan masalah aturan tata tertip berlalulintas, sosialisasi ini terus kita laksanakan ditingkat sekolah-sekolah dari SD, SMP, SMA dan istansi-istansi untuk sama-sama kita bangun.

Kabupaten lampung barat ini termaksut kabupaten yang tertip berlalulintas mari kita sama-sama pertahankan, kita lihat dari angka kecelakaan wilayah hukum polres lampung barat ini termaksut kecil. Saya menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mentaati pelopor keselamatan berlalulintas.

Selain itu saya juga menghimbau terkait narkoba adalah musuh kita bersama waspadai bibit-bibit narkoba, para pelaku peredar kebanyakan dari luar kabupaten lambar, perhatikan anak kita jangan sampai mereka mengkonsumsi komic yang berlebihan karena ini akan terpengaruh dengan generasi kita. jangan sampai terpengaruh narkoba

Terkait masalah kriminalitas jika dibandingkan kabupaten yang lain dari 15 kabupaten lampung barat yang paling aman tertip, damai. Mari kita sama-sama pertahankan situasi yang kondusif ini jangan sampai orang-orang dari luar masuk untuk membuat kriminal di kabupaten kita.

Bila ada permasalahan yang ada di lingkungan kita pada kesempatan ini silahkan sampaikan kepada kami, untuk evaluasi bagi kami kira-kira langkah apa untuk kita bisa memajukan kabupaten Lampung Barat ini dari segi keamanan. harapan saya sinergitas kami dari kepolisian seperti tema malam hari ini tidak ada muncul konflik-konflik dilingkungan kita dalam pelaksananaan pesta demokrasi kita sama-sama jaga dan dapat kita laksanakan dengan baik sampai nanti ada penetapan. kami dari kepolisian yang diberikan kewenangan menjaga kamtibmas akan berupaya menjaga situasi kamtibmas ini aman dan damai dan kami perlu peran serta dari masyarakat,”pungkasnya.

Penulis         : Edi Susanto

Editor           : Kang Iqbal

Publish         : Edi S. Lampung Barat.

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password