Komunitas Korban Kecelakaan resmi dibentuk Satlantas Polres Grobogan

Petugas Satlantas saat memberikan pencerahan kepada Komunitas Korban Kecelakaan
Petugas Satlantas saat memberikan pencerahan kepada Komunitas Korban Kecelakaan

Tribratanews.polri.go.id – Satuan Lalu Lintas Polres Grobogan. membentuk komunitas korban kecelakaan lalu lintas (K-3). Pembentukan K-3 tersebut sebagai bentuk perhatian kepada para korban kecelakaan lalu lintas (lakalantas) yang terjadi di wilayah hukum Polres Grobogan.

Hadir dalam acara yang digelar di Aula Jananuraga Mapolres Grobogan (10/2) yaitu, Korban Laka lantas (1 orang dari 5 orang perwakilan korban laka lantas yang menerima bantuan kaki palsu), Komunitas Otomotif (20 orang dari perwakilan Club Otomotif Grobogan) dan Masyarakat peduli Keselamatan berlalu lintas serta dari Jasa Raharja.

Kasatlantas, AKP Panji Gedhe Prabawa didampingi Kanit Laka Lantas, Iptu Sunarto mengatakan, selama ini korban lakalantas di wilayah Polres Grobogan kurang mendapat perhatian. Padahal, tak jarang dari korban lakalantas mengalami cacat fisik.

“Dengan membentuk K-3 ini, Sat Lantas Polres Grobogan khusunya Unit Lakalantas berkomitmen untuk memberikan motivasi kepada para korban lakalantas,” ujar Panji, Sabtu (11/2/2017) saat ditemui di ruang kerjanya.

Ditambahkan Kanit Laka Iptu Sunarto, kebanyakan korban lakalantas di wilayah hukum Polres Grobogan  adalah usia-usia produktif.

Dengan begitu, perlu adanya dukungan materil selain dukungan moril. Dengan kondisi cacat fisik, kebanyakan para korban lakalantas mengalami keminderan dan juga putus asa.

Penerima bantuan kaki palsu nampak ceria saat mendapat bantuan dari Polres Grobogan
Penerima bantuan kaki palsu nampak ceria saat mendapat bantuan dari Polres Grobogan

“Maka dari itu, kami juga berikan dukungan bantuan alat-alat menunjang kepada mereka. Seperti bantuan kaki palsu terhadap 5 orang korban Laka beberapa waktu lalu. Karena miris sekali, banyak korban yang hanya menggunakan tongkat buatan,” kata dia.

Pembentukan K-3 di wilayah hukum Polres Grobogan, lanjut dia, juga sebagai upaya wadah untuk bertukar pengalaman antar korban.

Inilah komunitas korban kecelakaan yang telah dibentuk Satlantas Grobogan
Inilah komunitas korban kecelakaan yang telah dibentuk Satlantas Grobogan

Selain itu, para korban juga dapat memberikan penyuluhan serta sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya tertib berlalulintas, agar tidak menjadi korban kecelakaan.

Dengan begitu, kata Panji Gedhe Prabawa, pembentukan K – 3 menjadi salah satu solusi yang tepat dalam meningkatkan keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban lakalantas di lapangan.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password