Pilkada 2017 di Kulonprogo Jogja, Semua Sepakat Tolak Politik Uang

tribratanews.polri.go.id JOGJA – Dalam demokrasi, pemilu adalah peristiwa penting. Pemilu bukanlah sekadar “pesta demokrasi” namun lebih dalam dari itu, pemilu adalah momentum rakyat menentukan nasibnya sendiri dan nasib pemerintahan selama lima tahun mendatang.

Pemilu yang bersih dari kecurangan dan benar-benar mengantarkan amanah segenap warga bangsa merupakan dambaan kita semua. Namun, ada bahaya besar yang selalu mengintai pemilu kita. Bahaya itu adalah politik uang.

Politik uang mampu menggagalkan upaya mewujudkan pemilu bersih dan berintegritas. Politik uang mampu menyulap pemilu menjadi kotor, curang, dan penuh penyalahgunaan kuasa.

Sebagai bentuk komitmen semua pihak untuk mewujudkan Pemilihan Bupati yang bersih dan berintegritas, para pasangan calon Bupati Kulonprogo beserta Panitia Pengawas dan Forkopimda setempat mendeklarasikan penolakan money politic, Jumat (10/2/2017).

Kapolres Kulonprogo AKBP Nanang Djunaedi, S.Ik. mengatakan Politik uang dapat mencederai semangat demokrasi sehingga dapat menimbulkan kerawanan konflik sosial. Untuk itu kami membetuk tim khusus untuk mengantisipasi berbagai celah dan bentuk politik uang.

“Kami menghimbau kepada semuanya saja jika mengetahui adanya politik uang laporkan saja, karena hal tersebut sudah melanggar hukum.” ujar Kapolres.

Kegiatan ini ditutup dengan pengucapan deklarasi menolak politik uang dilanjutkan penandatanganan deklarasi yang diikuti oleh kedua paslon, Panwas dan Forkompimda.
 

penulis : hmsRes Kulonprogo

Editor : Kang Iqbal

publis : jay

Admin Polri56599 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password