Ajak Satpam Sadar Kamtibmas, Polisi Purbalingga Berikan Kentongan

 

IMG-20170210-WA0245

Tribratanews.polri.go.id – Polres Purbalingga, Dalam rangka untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di desa binaan, Bhabinkamtibmas Polsek Kalimanah ngajak warga masyarakat di desa binaan sadar akan kamtibmas.

Tidak hanya warga masyarakat, petugas pengamanan swakarsa seperti Satpam juga diajak turut aktif untuk menjaga keamanan lingkungan. Seperti pelaksanaan sambang desa yang dilakukan Aiptu Setiawan Bhabinkamtibmas Desa Babakan Kecamatan Kalimanah, menyambangi Satpam Perumahan, Jumat (10/2/2017).

Dua lokasi yang disambangi yaitu pos satpam di Perumahan Grand Safira dan Griya Perwira Asri (GPA) Desa Babakan. Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas bertatap muka dengan petugas Satpam yang sedang berjaga.

Selain itu Bhabinkamtibmas juga selalu menyampaikan pesan kamtibmas agar Satpam aktif dalam melakukan penjagaan di lokasi yang menjadi tanggung jawab pengamanan. Lakukan patroli keliling perumahan saat jam rawan agar situasi kamtibmas tetap terjaga.

Tidak hanya menyampaikan pesan kamtibmas, Bhabinkamtibmas juga memberikan sebuah Kentong. Kentong merupakan alat komunikasi dengan cara dipukul untuk memberikan isyarat. Isyarat tanda kenthongan seperti adanya pmbunuhan, pencurian, kebakaran, bencana alam, pencurian hewan dan situasi aman.

Kentong tersebut bisa digunakan untuk memberikan tanda isyarat saat terjadi suatu kejadian. Selain itu, saat situasi aman kentong juga dapat rutin dibunyikan setiap satu jam sekali. Sehingga warga lingkungan perumahan yang dijaganya merasa aman karena petugas pengamanan masih terjaga.

Selain kentong, diberikan juga teks Pancasila untuk dipasang di pos pengamanan. Hal ini untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan memahami serta dapat mengamalkan perilaku sesuai butir-butir sila yang ada.

Sementara itu petugas Satpam Perumahan GPA bernama Iwan (40) yang menerima secara langsung kentong dari Bhabinkamtibmas mengucapkan terimakasih. Apa yang menjadi pesan kamtibmas akan dilaksanakan demi menciptakan keamanan lingkungan perumahan yang dijaganya.

( Humas Polres Purbalingga )

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password