Cegah Karhutla, Kapolsek Mesuji Raya Gelar Rakor

tribratnews.polri.go.id – Polda Sumsel / Polres OKI, Indonesi merupakan negara dengan hamparan hutan dan lahan gambut yang begitu luas, hijau, dan subur. Namum sangat di sayangkan ketika menjelang musim kemarau hijaunya hutan dan lahan tersebut menjadi lautan api yang menyebabkan timbulnya bencana kabut asap dikarnakan ulah tangan manusia yang tak bertanggung jawab dengan melakukan pengrusakan hutan dan membuka lahan perkebunan dengan cara dibakar, sehingga hal ini menjadi atensi presiden.

Untuk mengantisipasi dan menekan angka kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Kapolres OKI AKBP Amazona Pelamonia, SH, Sik mencanangkan agar dilakukan sosialisasi dan rapat koordinasi antisipasi karhutla di seluruh elemen masyarakat.

Menyikapi arahan tersebut, Kapolsek Mesuji Raya Iptu Bambang Pancawala bersama Danramil mesuji raya Kapten Teguh, Camat Mesuji raya M.Denin, Msi, pihak perusahaan, dan elemen masyarakat menggelar rakor antisipasi kebakaran hutan dan lahan, Kamis (09/02) di aulau kantor camat mesuji raya.

Dalam rakor tersebut ditemuka masalah yang terjadi di masyarakat, dimana masyarat rata-rata untuk memulai berkebun biasanya membakar lahannya untuk bisa ditanami, pihak masyarakat menerangkan jika tidak dibakar akan sulit membuang kayu tanpa menggunakan alat berat, ujar bambang.

Kapolsek mengatakan bahwa masyarakat dilarang untuk membuka lahan dengan cara dibakar, jika memang ada kesulitan dalam berkebun silahkan berkoordinasi dengan pihak terkait. Hal inilah yang sering menimbulkan terdeteksinya titik hotspot, dan akan menjelang datangnya musim kemarau yang diperkirakan awal bulan maret ini, hal inilah yang bisa menyebabkan timbulnya kabut asap yang sangat merugikan kita semua.

 

Penulis : Ilham (Wap 45)

Editor.  : Iqbal 96

Publish : Yulius

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password