Pilkada Maluku Utara, Kapolda Tekankan Seluruh Paslon Sportif dan Siap Menang dan Kalah

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara serentak termasuk di wilayah Provinsi Maluku Utara (Malut) 15 Fabruari 2017 , yakni di Kubupaten Halmahera Tengah (Halteng) dan Morotai, Kapolda Malut Brigjen (Pol) Tugas Dwi Apriyanto SH.,M.M kembali menegaskan jika Pilkada di Maluku Utara harus berjalan aman damai dan lancar.

“Pilkada ini, bukan untuk memilih agama, suku, etnis dan lain sebagainya, namun pilkada ini merupakan pemilihan untuk memlih pemimpin yang jujur selama 5 tahun kedepan yang dapat membawa daerah kita lebih baik lagi,” ungkap Kapolda Malut Brigjen Pol Tugas Dwi Apriyanto S.H.,M.M.

Kapolda Maluku Utara menambahkan, Pilkada ini merupakan pesta demokrasi yang akan kita sambut dengan kegembiraan dan semantan, namun harus dengan tertip.

“Saya yakin ada ketegangan-ketegangan dan itu hal yang wajar, tapi kita harus tetap komitmen bahwa pilkada bagaimana caranya harus aman, kalau kita dituntut untuk serius harus kita serius tapi tapi itu tadi pilkada harus sukses,” tegasnya.

Kapolda Maluku Utara juga menghimbau kepada seluruh pasangan calon, baik di Kab.Halmahera Tengah maupun di Kab. Pulau Morotai, agar selalu sportif dan siap menerima kekalahan untuk yang kalah, dan yang menang pihaknya menginginkan untuk tidak meluapkan kegembiaraan yang dapat menyinggung perasaan pasangan yang kalah.

“Pilkada ini sebagai ajang pertandingan tinju saja, yang kalah yaa kalah dan menang yaa menang, bahkan yang kalah juga tidak pernah meluapkan emosinya meskipun sampai berdarah sekalipun, sebab kalau sudah selesai maka mereka akan berpelukan, jiwa sportif seperti ini harus menjadi contoh yang baik untuk kita, terutama untuk pasangan calon yang akan bertanding besok,” Ungkapnya.

Kapolda Maluku Utara juga menyampaikan, jika dalam Pilkada besok ada kecurangan yang memang tidak bisa di terima untuk masig-masig pasangan calon, maka harus di ambil jalur hukum yang ada dan hal seperti ini harus kita biasakan.

“Pilkada ini bukan hanya 1 kali ini saja, 5 tahun kedepan juga ada kok, makanya kita jangan trauma dengan pesta demokrasi seperti ini, karena negara kita ini merupakan negara demokrasi yang belandaskan pada pancasila dan undang-undang dasar,” ucapnya Kapolda Maluku Utara

 

Penulis  : Humas Polda Maluku Utara
Editor    : Kang ikbal96
Publish  : Mandala Putra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password