Tak Cuma Modal Tampang Doang, Profesionalisme Diri Lebih Utama

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Kepolisian Resort Trenggalek terus gencar meningkatkan kemampuan personelnya. Selain menggelar program T-Skill, masing-masing bagian, satuan dan fungsi diberi kesempatan seluas-luasnya untuk mengembangkan diri guna meningkatkan kualitas sumberdaya manusia.

Profesionalisme merupakan kata kunci bagi terselenggaranya organisasi Kepolisian. Tidak hanya eksternal bagi masyarakat namun juga bersifat internal, yakni bagaimana Polres Trenggalek sebagai satuan Kepolisian mampu berperan dalam membina disiplin, kapabiltas dan integritas personelnya. Keselarasan antara aspek eksternal dan internal akan mendorong akselarasi bagi terwujudnya profesionalisme Polri sebagaimana harapan masyarakat.

Sipropam atau Seksi Profesi dan Pengamanan merupakan salah satu struktur Kepolisian yang bertugas menegakkan disiplin melalui mekanisme yang telah ditentukan. Dalam proses penyelesaian pelanggaran disiplin harus melalui mekanisme dan prosedur sebagaimana regulasi dan turunan dari Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian RI.

Demi mencapai nilai profesionalisme dalam hal penyelesaian perkara, Sipropam Polres Trenggalek menggelar sosialisasi Perkap Nomor 2 Tahun 2016 tentang Penyelesaian Perkara bagi Anggota Polri, Jumat (10/02). Sebagai narasumber adalah Kasipropam, Iptu Muhadjin didampingi oleh dua orang anggotanya yang diikuti oleh seluruh Kanitprovos Polsek jajaran serta anggota Sipropam.

Dalam kesempatan tersebut Muhadjin menjelaskan secara detail tentang proses penyelesaian perkara sejak penerimaan hingga proses persidangan.

“Agar semua anggota paham tentang proses penyelesaian perkara. Jadi ada persamaan persepsi dan langkah tindakan”, ujar Muhadjin.

Dalam acara yang dilaksanakan di sebuah rumah makan tersebut, juga dimanfaatkan Muhadjin berpamitan kepada seluruh anggotanya mengingat ia akan purna tugas di tahun ini. “Secara pribadi dan kedinasan saya mohon maaf jika selama menjabat Kasipropam ada kata atau perbuatan yang menyinggung anggota sekalian. Semua tak lepas dari tugas dan tanggung jawab selaku Kasipropam. Juga kepada anggota, saya ucapkan terima kasih atas semua bantuan dan kerjasamanya selama ini”, ujar Muhadjin.

Suasana yang awalnya berjalan khitmat sontak berubah menjadi hening dan mengharu biru. Bebeapa anggota justru kaget dan tak mengetahui jika perwira penjaga disiplin ini akan purna tugas. Diakhir acara, seluruh peserta sosialisasi menyalami Muhadjin seraya mengucapkan selamat dan terima kasih atas bimbingan yang diberikan selama ini.

Penulis : Ady
Editor : Kang Iqbal
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password