SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek Jatim : Anak-Anak Luar Biasa yang Patut Dibanggakan

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Salah satu kebanggaan Polres Trenggalek yang tidak dimiliki oleh Polres lain adalah berdirinya Sekolah Luar Biasa (SLB) Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek. Dalam sejarahnya, sekolah yang dibangun sejak tahun 1975 ini bertujuan menampung anak-anak berkebutuhan khusus di Kabupaten Trenggalek. Pada masa awal berdiri hanya memiliki 17 siswa dan 5 orang tenaga pengajar. Namun dalam perjalanannya, SLB yang berada dibawah naungan Yayasan Kemala Bhayangkari ini berkembang sangat pesat.

Saat ini jumlah keseluruhan siswa mencapai 205 orang dan 46 tenaga pengajar berkompeten dengan 5 jenis pendidikan. Diantaranya SDLB-A,D (Tunanetra, Tunadaksa), SDLB-B (Tunarungu), SDLB-C (Tunagrahita), SMPLB dan SMALB.

Tak hanya itu, SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek juga menyediakan rumah panti yang disediakan bagi siswa luar kota sehingga tidak perlu lagi indekost. Semua sudah tergabung dalam saru area bangunan dengan jaminan keamanan dan kenyamanan siswa.

Prestasi yang telah diraih SLB satu ini memang tidak bisa dianggap remeh. Setidaknya ratusan piala juara berbagai perlombaan telah diraih. Tak hanya level lokal,  bahkan juara Nasional dan internasional pernah dibawa pulang oleh siswa SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek.

Dibawah kepemimpinan Ny.Selvi Donny Adityawarman, selaku Ketua Cabang Yayasan Kemala Bhayangkari Trenggalek, ia berusaha mencurahkan perhatian dan pikirannya untuk mengembangkan dan membesarkan SLB yang telah menjadi kebanggaan warga Trenggalek ini.

Selama kurun waktu dua bulan saja ditahun 2017 telah meraih 7 prestasi, diantaranya juara 1 lomba menyanyi, juara 1 modeling, juara 1 IT, juara 2 menari, juara 2 kepramukaan, juara harapan 1 menjahit dan juara harapan 3 lomba kecantikan. Kesemuanya merupakan lomba tingkat Provinsi Jawa Timur.

Kedekatan seorang Selvi dengan siswa SLB juga terlihat saat meninjau sekolah tersebut beberapa waktu yang lalu. Selvi begitu terkagum saat melihat Rizal Efendi, salah seorang siswa (tuna rungu) SMPLB kelas 7 mampu memperbaiki peralatan listrik. Bahkan sebuah bola lampu yang sudah rusak dan tidak terpakai bisa diperbaiki dan berfungsi  kembali.

“Ini sungguh luar biasa. Ditengah kekurangan mereka, mampu berkarya lebih dari orang normal”, ujar Selvi bangga.

Selvi pun terlihat akrab saat bercengkerama dengan siswa-siswa lainnya.

“Mereka adalah anak-anak kita. Dan suatu kebanggan bisa berada diantara mereka”, ucap Selvi.

Sementara itu di tempat terpisah, Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K, M.Si menuturkan, keberadaan SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek haruslah menjadi pelecut semangat semua orang.

“Banyak hal inspiratif yang bisa kita petik dari mereka. Bahwa kekurangan tidak serta merta membuat kita lemah, tapi harus kita jadikan kekuatan”, ujar Donny.

Penulis : Ady
Editor : Kang Iqbal
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password