Cegah Banjir, Polres Kediri Kota Bersama PT GG Kembali Gelontorkan Dana CSR Untuk Tanam 90 Ribu Bibit Bambu di Wilayah Banyakan

Tribratanews.polri.go.id – Polres Kediri Kota Banjir bandang yang melanda tiga desa di lereng Gunung Wilis, wilayah Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri akhir Januari 2017 kemarin, turut menjadi keprihatinan  PT Gudang Garam Tbk. Bentuk keprihatinan itu diwujudkan dengan penghijauan tahap kedua melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Secara simbolis pencanangan penanaman 90 ribu bibit bambu dilakukan pada Kamis (9/2) di Balai Desa Parang Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Hadir dalam kegiatan ini antara lian Wakil Direktur Bidang SDM PT GG Tbk, Slamet Budiono, Bupati Kediri dr.Hariyanti, Kapala Perum Perhutani KPH Kediri Devisi Regional Jatim, Andi Purwadi, Kapolres Kediri Kota yang diwakili Kabag Sumda Polres Kediri Kompol Hariyanto.

“Atas nama Perum Perhutani kami mengucapkan terima kasih kepada PT GG Tbk yang melanjutnya kegiatan tutup tanam tahap kedua melalui program CSR-nya,” Kapala Perum Perhutani KPH Kediri Devisi Regional Jatim, Andi Purwadi Masih menurut Andi Purwadi dipilihnya bambu salah satunya daya tangkap air yang besar. Ini penting untuk mengkonservasi lahan kritis serta 300 sumber-sumber air yang ada di wilayah Gunung Wilis dan Gunung Kelud.

banyakan 2

“Bambu dapat menyerap 90 persen air hujan baik dalam akar tanah maupun rongga batang, lalu tanaman ini 35 persen lebih banyak dari jenis pohon lainnya dalam menghasilkan O2 (oksigen) dan menyerap CO2 (karbondioksida) dibanding jenis tanaman lainnya, dengan sistem perakaran yang kuat, lebat dan berserabut panjang, bambu juga mampu memperkokoh struktur tanah yang berfungsi untuk mencegah erosi tanah dan yang lebih penting bisa menjaga ekosistem,” tambahnya.

Sementara itu dalam sambutannya Bupati Kediri, dr Hariyanti menjelaskan  bambu merupakan tumbuhan multiguna, sehingga memiliki nilai ekonomis  sebab seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan menjadi produk yang bernilai tinggi.

banyakan1

“Selain dapat melestarikan  lingkungan , penanaman bambu ini sekaligus dapat memberdayakan ekonomi masyarakat sekitar,” ujar dr. Hariyanti. Selain di Gunung Wilis, puluhan ribu bibit bambu juga ditanam di lereng Gunung Kelud, tepatnya di Perum Perhutani KPH Kediri Devisi Regional Jatim. Adapun total luas lahan yang dihijaukan sekitar 500 hektare. “Program ini merupakan salah satu bentuk kepedulian PT GG Tbk akan terciptannya kondisi lingkungan hutan yang lebih baik, serta diharapkan bisa memberi manfaat keekonomian bagi masyarakat desa hutan, khususnya di lereng Gunung Wilis dan Kelud,” kata Wakil Direktur Bidang SDM PT GG Tbk, Slamet Budiono,

Masih menurut Slamet Budiono, selain itu program konservasi lingkungan ini juga bertujuan mengurangi jumlah luasan area lahan kritis dalam hutan. Dengan ditanami bambu bisa mencegah terjadinnya bencana alam seperti tanah longsor dan banjir.

“Semua itu sekaligus menjadi perwujudan dari salah satu catur darma perusahaan yaitu : Kehidupan yang bermakna dan berfaedah bagi masyarakat luas merupakan suatu kebahagiaan,” pungkasnya.

Sementara itu di sela-sela kegiatan juga dilakukan penyerahan bantuan kepada korban banjir di Desa Parang Banyakan dan santunan kepada puluhan anak yatim di wilayah setempat-DIDIK (Res Kdr Kota)

 

 

“Bersama Menjaga Kamtibmas-KEDIRI MENANG”

#panjalujayati #RakyatbersamaPOLRI

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password